Jokowi Sampaikan Pernyataan Roy Suryo di Upacara Sumpah Pemuda

Nasional / 28 October 2013

Kalangan Sendiri

Jokowi Sampaikan Pernyataan Roy Suryo di Upacara Sumpah Pemuda

Budhi Marpaung Official Writer
4121

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, memimpin upacara peringatan Sumpah Pemuda di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Senin (28/10) pagi tadi. Di hadapan para peserta upacara yang tidak lain adalah jajaran pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jokowi membacakan amanat pernyataan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo.

“Hari ini adalah hari yang sangat besar untuk menginspirasi kita untuk satu Tanah Air, Tanah Air Indonesia," ujarnya, membaca surat yang ditulis oleh Menpora.

Dalam teks yang dibacakan lebih lanjut oleh Jokowi, disebutkan bahwa Sumpah Pemuda adalah momentum yang telah membangun komitmen untuk bersatu di tengah hegemoni kolonialisme terhadap Indonesia dan membangun aktualisasi untuk pemuda.

"Peringatan Sumpah Pemuda kali ini diarahkan untuk menjadi tombak pembangunan karakter bangsa. Kita butuh figur-figur pemuda yang inspiratif, cerdas, berprestasi, dan pemuda yang santun," tutur Jokowi.

Pemuda yang santun, ucap Jokowi, adalah pemuda memiliki budi pekerti, berakhlak mulia, santun dalam pemikiran dan perkataan. Lalu, pemuda yang cerdas memiliki kemampuan dan berinovasi tinggi dalam rangka menghadapi persaingan global. Terakhir, pemuda inspirasi adalah pemuda yang inspiratif, berorientasi pada masa depan, bertanggung jawab.

“Semoga bangsa Indonesia dapat memetik hikmah yang terkandung dari nilai-nilai Sumpah Pemuda," kata Jokowi menutup pesan dari Menpora.

85 tahun lalu kelompok-kelompok pemuda menyatakan ikrar sebagai satu Indonesia. Ini seharusnya bukanlah jadi sebuah sejarah bagi generasi sekarang, tetapi justru semangat untuk saling bergotong royong membangun negeri tercinta.


Baca juga :

Sumpah Pemuda Versi 2012 Harus Dipertahankan

Hidupku AnugerahMu, Album Perdana Kezhia Sirait yang Layak Didengar

Karena Ada Ujian Hidup

Dua Wanita, Satu Mujizat

Latihan Pilates dan 6 Manfaatnya 

Thread Forum JC : Bakti Sosial (Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Tanah Merah - OBI)

Kisah Nyata Elizabeth Philips, Wanita Tunanetra Pengubah Desa Tertinggal

Chord Lagu : Hidupku AnugerahMu

Sumber : berbagai sumber / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami