Gempa 7,2 SR di Filipina Tewaskan 93 Orang
Sumber: Aljazeera

Nasional / 15 October 2013

Kalangan Sendiri

Gempa 7,2 SR di Filipina Tewaskan 93 Orang

Puji Astuti Official Writer
3635

Gempa dengan kekuatan besar mengguncang Filipina pada Selasa, (15/10) pagi. Tercatat gempa kekuatan 7,2 SR yang terpusat di 56 km dibawah kota Carmen di Pulau Bohol atau 400 km selatan ibukota Filipina, Manila.

Akibat gempa ini dilaporkan oleh kantor berita Aljazeera 93 orang meninggal, 100 orang terluka, diperkirakan korban masih akan bertambah karena ada banyak orang yang masih terjebak dalam reruntuhan.

Dua pulau yang paling terkena dampak gempa ini adalah Pulau Bohol dan Pulau Cebu. Kedua pulau ini merupakan daerah wisata karena pantainya berpasir dan juga banyak bangunan-bangunan bersejarah seperti gereja peninggalan jaman kolonial. Namun akibat gempa ini banyak bangunan bersejarah itu rusak dan runtuh. Beruntung pada hari Selasa ini merupakan hari libur nasional di Filipina, sehingga banyak kantor pemerintahan dan sekolah kosong.

Gempa berkekuatan besar ini mempengaruhi pulau Bohol yang berpenduduk 1,2 juta jiwa dan Cebu berpenduduk 2,6 juta jiwa. Selain bangunan, banyak prasarana transportasi yang dilaporkan mengalami kerusakan.

Saat gempa yang terjadi sekitar pukul 8 pagi itu, Pacific Disaster Center sempat memberikan peringatan dini tsunami untuk wilayah Indonesia Timur kepada posko BNPB. Namun hingga kini belum ada laporan tentang tsunami yang diperkirakan sampai di Indonesia 3-4 jam setelah kejadian gempa tersebut.


Sumber : Aljazeera | BBC | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami