Obama Ucapkan Terima Kasih Kepada Malala Yousafzai

Nasional / 13 October 2013

Kalangan Sendiri

Obama Ucapkan Terima Kasih Kepada Malala Yousafzai

daniel.tanamal Official Writer
5265

Dalam pertemuannya dengan Malala Yousafzai di Gedung Putih Washington, Presiden Amerika Serikat Barack Obama, ibu negara Michelle Obama dan juga putri mereka Malia mengucapkan terima kasih kepada Malala atas keteguhan dalam memperjuangan pendidikan bagi anak perempuan.

Obama menyebutkan bahwa ibu negara mengatakan pendidikan bagi perempuan merupakan hal terpenting yang bisa dilakukan seseorang. "Bukan hanya untuk putri dan cucu kita tapi juga untuk keluarga mereka, masyarakat mereka dan negara mereka," seperti tertulis dalam pernyataan.

Malala melakukan kunjungan ke Washington beberapa hari setelah dia menerima penghargaan hak asasi dari Uni Eropa, Sakharov -untuk mengenang ilmuwan dan pembangkang rezim Uni Soviet, Andrei Shakarov.

Dirinya dikenal dunia usai ditembak militan Taliban tahun lalu karena memperjuangkan pendidikan bagi anak perempuan di kawasan tempat tinggalnya di Lembah Swat di dekat perbatasan dengan Afganistan. Seperti diketahui Taliban menentang pendidikan bagi perempuan karena dianggap merupakan nilai Barat yang tidak sesuai dengan ajaran agama mereka.

Meski sempat mendapat perawatan yang intensif akibat kepalanya ditembak, namun dirinya bertahan hidup. Bahkan usai sembuh Malala meneruskan perjuangannya untuk menjamin pendidikan bagi kaum perempuan di seluruh dunia melalui berbagai kegiatan, termasuk berpidato di depan majelis umum PBB. 

Langkah seseorang dalam memperjuangkan kebenaran bagi orang lain akan mendapat ganjaran yang lebih dari setimpal meskipun pergumulan dan rintangan menghadang. Komitmen dan konsistensi seseorang dapat mengalahkan apapun cobaannya.
 

 

 


Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami