Mengenal Alkohol dalam Produk Kecantikan
Sumber: beauty.lovelyish.com

Fit & Charming / 11 October 2013

Kalangan Sendiri

Mengenal Alkohol dalam Produk Kecantikan

Lois Official Writer
22835

Di dalam kosmetik atau produk perawatan kulit ada beberapa jenis alkohol yang ternyata tidak baik buat kulit. Agar produk perawatan kulit Anda aman digunakan, sebaiknya perhatikan kandungan alkohol dalam produk tersebut sebelum membelinya. Hindari produk-produk perawatan kulit yang mengandung SD Alcohol, Alcohol, Ethanol, Ethyl Alcohol, Methanol, Benzyl Alcohol, Isopropyl Alcohol, atau Alcohol Denatured.

Ada juga alkohol yang aman digunakan, yang tidak menyebabkan kulit mengering. Sebuah produk yang berlabel ‘bebas alkohol’ biasanya berarti bebas dari alkohol keras, tapi kemungkinan besar mengandung alkohol lemak yang tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit. Berikut ini beberapa alkohol yang aman digunakan :

Stearil Alcohol

Alkohol ini dihasilkan dari minyak kelapa yang berfungsi sebagai pengemulsi (emulsifier) dan emolien dalam produk perawatan kulit. Emulsifier adalah suatu senyawa yang digunakan sebagai pengikat minyak dan cairan dalam produk dan juga berfungsi untuk menghasilkan busa. Sementara emolien berfungsi untuk melembabkan dan melembabkan kulit. Stearil alkohol biasanya ditemukan dalam produk seperti krim, pelumas, pendingin, dan obat perontok.

Setil Alcohol, Ceteary Alcohol, Setostearyl Alcohol, dan Setil Alcohol 40

Jenis alkohol yang berasal dari minyak sawit, minyak kelapa dan juga biji-bijian. Bentuknya cair dan berfungsi sebagai pengemulsi dan memadatkan (untuk produk cair).

Lenolin Alcohol

Sebuah emolien (pelembab) yang berasal dari wol domba. Bentuknya cair atau lilin yang dapat difungsikan juga sebagai salah satu bahan utama produk perawatan kulit. Sebelum menggunakannya, berkonsultasilah dengan dokter kulit jika Anda alergi dengan produk yang berasal dari domba.

Low molecular weight alcohol

Alkohol molekur rendah ini juga dapat digunakan dalam produk perawatan kulit. Alkohol jenis ini biasanya memiliki kecenderungan menguap lebih cepat di kulit sehingga membuat kulit kering. Namun jangan cemas, alkohol ini masih aman untuk kulit Anda.

Karena itu, sebelum membeli sebuah produk perawatan kulit, cobalah lihat kandungan alkohol apa yang ada di dalam labelnya. Jangan biarkan kulit kita rusak karena produk yang kita gunakan. Padahal tujuan utama kita menggunakannya tentu untuk memberikan kebaikan buat kulit bukan menguranginya.

 

Baca juga :

Mau Sukses? Larangan Utamanya Jangan Cinta Uang

Tips Mulai Dari Membeli Sampai Menyimpan Udang

Alkisah Tentang Tiga Pohon

Saat Sosial Media Jadi Masalah Dalam Rumah Tangga

Kulit Mulus Cerah Bersinar dengan Vegetarian

Tingkatkan Kualitas Sebagai Pemandu Wisatawan

Sumber : suaramerdeka.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami