Pernyataan Akil Mochtar Soal Hukuman Untuk Koruptor

Pernyataan Akil Mochtar Soal Hukuman Untuk Koruptor

Lois Official Writer
2963

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar yang tertangkap tangan sedang bertransaksi pernah mengucapkan beberapa ide cara menghukum seorang pegawai pemerintahan yang korupsi. Dia juga mengucapkan bagaimana prinsipnya soal korupsi tersebut. Menurutnya, penjara dan bayar denda tidak memberikan efek jera kepada koruptor. Inilah yang pernah dikatakannya terkait korupsi :

Saya Atau Dia

Refly Harun adalah seorang pengacara yang menulis kolom adanya jual beli putusan di Mahkamah Konstitusi. Dia pernah mengatakan bahwa Akil pernah meminta uang Rp 1 miliar kepada Bupati Simalungun, Jopinus Ramli Saragih saat Akil menjadi ketua panel hakim yang mengadili perkara sengketa pemilihan bupati daerah tersebut pada 2010 lalu. Akil Mochtar pun berkomentar. “Saya atau dia yang masuk penjara,” ujar Akil pada 10 Desember 2010 itu.

Potong Salah Satu Jari

“Ini ide saya, dibanding dihukum mati, lebih baik dikombinasi pemiskinan dan memotong salah satu jari tangan koruptor saja cukup,” ujar Akil Mochtar di Jakarta, 12 Maret 2012.

Memangnya Mereka Bodoh?

"Kalau saya bukan orang independen, kalau saya orang yang bisa disetir atau diintervensi oleh kekuatan-kekuatan lain, tidak mungkin tujuh orang (hakim) itu pilih saya. Memangnya mereka bodoh. Mereka hakim-hakim yang berpengalaman, beberapa guru besar malah." Akil Mochtar tentang gosip miring perihal dirinya, 5 April 2013.

Mengajarkan Tidak Dengan Omongan

"Wak (ayah) saya itu mengajarkan tidak dengan omongan, tapi dengan perilaku." (Dikutip dari profil Akil Mochtar di situs Mahkamah Konstitusi)

Seringkali kita mengatakan kepada atasan kita untuk bekerja dengan baik, namun tidak terjadi. Seringkali mengatakan kepada pasangan untuk setia, namun ternyata berselingkuh. Apa yang kita katakan seringkali tidak sesuai dengan yang kita lakukan. Jangan sampai hal ini terjadi dan menyebabkan rusaknya kepercayaan orang kepada kita.

 

Baca juga :

Tips Mulai Dari Membeli Sampai Menyimpan Udang

Alkisah Tentang Tiga Pohon

Saat Sosial Media Jadi Masalah Dalam Rumah Tangga

Kulit Mulus Cerah Bersinar dengan Vegetarian

Tingkatkan Kualitas Sebagai Pemandu Wisatawan

Sumber : tempo.co by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami