Jusuf Kalla : Tidak Ada Konflik Agama di Indonesia
Sumber: Antaranews.com

Nasional / 7 October 2013

Kalangan Sendiri

Jusuf Kalla : Tidak Ada Konflik Agama di Indonesia

daniel.tanamal Official Writer
4435

Dalam sebuah seminar nasional di Jakarta pekan lalu, Mantan wakil presiden Jusuf Kalla menjelaskan bahwa meskipun Indonesia adalah negara yang kaya budaya sekaligus rawan konflik horizontal, namun konflik itu sebenarnya tidak dilatarbelakangi agama.

“Sejak Indonesia merdeka ada 15 konflik besar 10 diantaranya disebabkan oleh ketidakadilan ekonomi dan politik. Namun agama menjadikan orang-orang yang berkonflik menjadi besar didasari solidaritas agama,” ujarnya di Jakarta, Kamis (3/10).

Wakil Presiden RI 2004-2009 itu mencontohkan bahwa agama dipakai untuk jaminan masuk surga bagi orang-orang yang berkonflik, seperti yang terjadi di Ambon dan Poso. Karena itu JK justru menghimbau logika mereka harus dibalikkan bahwa orang yang berkonflik justru tidak akan menginjak surga, tetapi neraka.

Selain itu JK melihat kejadian pengeboman di sebuah pos polisi di Poso beberapa bulan yang lalu terjadi karena ulah sekelompok orang yang memanfaatkan situasi daerah yang pernah berkonflik tersebut, dan bukan bukan kelompok yang dulu bertikai.

Untuk itu dirinya menghimbau agar setiap warga tidak mudah terpancing dengan konflik yang disebut karena latar belakang agama. Karena, pasti ada sebab lain yang mendasari. “Karena itu, marilah membangun damai antar umat.” pungkasnya.

Meskipun fakta di lapangan memperlihatkan bahwa ada upaya sistematis untuk mengadu domba antar umat beragama, namun tugas masyarakat bersama untuk meredamnya dan bukan memanas-manasi hal tersebut.

 

 

Baca Juga Artikel Lain

Berita Foto: Penggembokan Gereja Santa Bernadette di Tangerang

Berita Foto: Ibadah Di Seberang Istana Merdeka Jakarta Minggu (29/9)

SBY Lakukan Penghalangan Terhadap Keadilan

Teroris Kenya Bunuh Sandera Yang Tak Mampu Baca Al-Quran

Polisi Syariah Aceh Tangkap Pendeta GMII

Gus Solah Kritisi Penggembokan Gereja di Tangerang

Victor Silaen: Perjuangan GKI Yasmin Dapat Dijadikan Contoh

Yenni Wahid : Militansi Beragama Tidak Masalah Dipertahankan



 

 

Sumber : Tribunnews
Halaman :
1

Ikuti Kami