Danau di Tanzania yang Bisa Membuat Burung Jadi Mumi
Sumber: (c) nbcnews

Nasional / 7 October 2013

Kalangan Sendiri

Danau di Tanzania yang Bisa Membuat Burung Jadi Mumi

Lois Official Writer
4294

Danau Natron di Tanzania ini memiliki pH sampai 10,5 dengan suhu airnya yang bisa mencapai 60 derajat Celcius hingga bisa membakar kulit dan mata hewan yang tidak bisa beradaptasi. Namanya diambil dari natron – mineral natrium karbonat dekahidrat – yang biasa digunakan orang Mesir Kuno mengeringkan organ selama proses membuat mumi. Ditambah lagi, kandungan mineral dalam airnya pun berfungsi sebagai pengawet.

Satu-satunya spesies hewan yang dapat bertahan hidup di bawah permukaan danau adalah alkaline tilapia, ikan sejenis nila yang bisa bertahan hidup di sepanjang tepi yang airnya kurang asin, begitu juga sejumlah bakteri. Berdasarkan hal inilah, fotografer alam liar, Nick Brandt menggunakan bangkai-bangkai hewan di Danau Natron sebagai objek dari serial fotografi terbarunya.

“Menemukan mereka terdampar di sepanjang tepian Danau Natron, saya pikir sangat luar biasa. Bayangkan, setiap detil, dari ujung lidah kelelawar, rambut-rambut kecil di wajahnya, seluruh tubuh elang pemakan ikan, diawetkan dengan sempurna,” ujarnya seperti yang dirilis CBSNews.com.

Garam yang terkandung di Danau Natron tidak seperti garam masak yang dipanen dari laut, melainkan kapur magmatik yang telah ditempa dalam bumi, keluar melalui aliran lava, dan disemburkan ke udara menjadi awan abu setinggi 10 mil. Hal ini terjadi karena letusan gunung berapi bernama Gunung Ol Doinyo Lengai yang berusia 1 juta tahun yang terletak di selatan Danau Natron.

Jika gunung berapi lainnya biasa memuntahkan silikat, Ol Doinyo Lengai adalah satu-satunya di planet ini yang menyemburkan ‘natrocarbonatite’ yang kaya akan sodium, kalium karbonat, nyerereite dan gregoryite yang jauh lebih asin dari silikat. Material abu vulkanik lalu dikumpulkan air hujan yang masuk ke danau. Itulah sebabnya hewan yang tercebur ke dalamnya terlihat seperti jatuh ke dalam ember semen. Sejauh ini, gunung tersebut telah meletus sedikitnya delapan kali sejak 1883, terakhir pada 2007 lalu.

Fenomena ini tentu hanya bisa didapatkan di Danau Natron. Tidak diceritakan apakah yang akan terjadi pada manusia jika tercebur ke dalamnya, namun dengan suhu yang begitu tinggi, tentu manusia pun akan bernasib sama. Keunikan fenomena danau ini tentu membuat orang penasaran bukan?

 


Baca juga :

Ini Rahasianya Buat Nasi Pulen Tidak Cepat Basi dan Menguning

Arti Menghargai Pengorbanan Orang Lain

Mukjizat yang Kreatif Terjadi Saat Orangtua Dihormati

Pengorbanan yang Mampu Membuat Cinta Bertahan

3 Bahan Alami Ini Mampu Atasi Ketombe

Ternyata Ada Tingkatan Karir Juga Lho Untuk Pendeta

Thread Forum JC : Aksi Solidaritas (JCers Goes To Panti Rehab YBMI)

Sumber : liputan6.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami