Pencipta Blackberry : Pengguna di Indonesia Menginspirasi Kami

Entertainment / 6 October 2013

Kalangan Sendiri

Pencipta Blackberry : Pengguna di Indonesia Menginspirasi Kami

daniel.tanamal Official Writer
4518

Pencipta BlackBerry Messenger (BBM) Gary Klassen memiliki pandangan unik tentang Indonesia, negeri yang akrab dengan BlackBerry. Klassen mengungkapkan bahwa perusahaan tersebut menaruh perhatian khusus kepada pengguna BBM Tanah Air. 

"Kami melihat cara (pengguna Indonesia) memakai BlackBerry Messenger. Mereka harus tahu bahwa mereka telah menginspirasi kami untuk menambahkan fitur-fitur seperti BBM Channel," ujar Klassen, saat berbicara dengan perwakilan situs Lhaini.com pada gelaran BlackBerry Jam Asia 2013.

Pria yang paling "berjasa" di balik layanan pesan instan itu tidak merinci apa persisnya perilaku pengguna Indonesia yang memberi "inspirasi" untuk pengembangan BBM, tapi dia mengaku tahu kebiasaan orang Indonesia yang melakukan kegiatan bisnis seperti menjual produk dengan memanfaatkan BBM.

"Kami tahu bahwa pengguna Indonesia sangat mengantisipasi fitur yang satu ini, kami pun demikian. BlackBerry ingin membuat semuanya menjadi lebih mudah, kami mendengarkan dan memperhatikan pengguna di Indonesia," ucap Klassen.
 

Kini, di tengah keterpurukan BlackBerry, BBM menjadi salah satu hal yang tetap "seksi" dari perusahaan tersebut, dengan jumlah pengguna mencapai kisaran 60 juta. BBM Channel adalah satu fitur baru yang rencananya akan ditambahkan ke BBM.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berlangganan (subscribe) sebuah kanal yang dikelola oleh brand atau pengguna lain, mirip dengan mekanisme Twitter. Tujuannya adalah membuat koneksi yang lebih kuat dengan merek atau perusahaan/figur tertentu dengan audience di BBM.
 
 

 


 

Sumber : Kompas Tekno
Halaman :
1

Ikuti Kami