Profesi Supir Dapat Jadikan Anda Pemandu Wisata!

Career / 5 October 2013

Kalangan Sendiri

Profesi Supir Dapat Jadikan Anda Pemandu Wisata!

daniel.tanamal Official Writer
7476

Saat ini banyak sekali pribadi yang menjadikan profesinya berkembang menjadi pekerjaan lain yang menguntungkan. Dirinya dapat tetap menjalankan profesi barunya yang menguntungkan tanpa meninggalkan profesi utamanya. Nah salah satu profesi tersebut adalah Supir atau sering disebut Driver (dalam bahasa Inggris).

Ternyata berprofesi sebagai supir pun dapat anda kembangkan menjadi seorang pemandu wisata. Mengapa begitu? Karena seorang supir pastinya mengetahui seluk beluk jalanan dan juga tempat-tempat wisata dan menarik untuk dikunjungi bagi para wisatawan. Selain itu wisatawan tak perlu membayar dua kali untuk mencari supir pengantar dan juga pemandu wisat secara terpisah.

Seperti yang dilakukan di Dubai di Uni Emirat Arab. Disana para supir taksi merangkap menjadi pemandu wisata! Proyek taksi wisata yang dipersembahkan bagi pelancong yang singgah ke kota tersebut diluncurkan oleh Dinas Pariwisata setempat dan Pemasaran Niaga Dubai.

Menurut direktur operasi armada Dubai Taxi Corporation, Mohammad Yousif Saleh saat ini total kendaraan sebanyak 3.504 mobil didistribusikan sebagai taksi layanan publik. Berbagai layanan armada disediakan seperti taksi bandara, taksi wanita, taksi umum dan taksi khusus bagi orang berkebutuhan khusus.

"Saat ini beberapa sopir taksi sedang mendapatkan pelatihan menjadi pemandu. Sekitar 1.590 orang sudah lulus kursus. Taksi-taksi tersebut sudah melakukan lebih dari 20,2 juta perjalanan selama setengah tahun 2013. Rata-rata setiap bulan melakukan sekitar 3,3 juta perjalanan," ujarnya seperti dikutip Skift, Jumat (6/9).

Saat ini menurut Yousif, taksi-taksi itu telah mengantarkan kurang lebih 35,1 juta penumpang. Setiap bulan rata-rata mengantar sekitar 2,8 juta penumpang. Selain itu ada juga kartu ucapan 'Terima Kasih' untuk pengemudi dalam rangka mengapresiasi, memotivasi dan mendorong mereka agar tetap bekerja dengan baik saat berkemudi. Pengemudi pun dapat memberikan perlakuan terbaik kepada pelanggan.

Nantinya setiap pengemudi yang paling banyak menerima kartu ucapan akan mendapatkan penghargaan menjadi pemenang bulanan. Hadiah uang akan diberikan sebesar Dh 2.500 (Rp 75 juta) untuk pemenang pertama, Dh 1.500 (Rp 45 juta) untuk pemenang ke-2 dan Dh 1.000 (Rp 30 juta) diberi kepada pemenang ke-3.

Hmm, bagaimana tertarik untuk menekuni profesi yang satu ini? Semoga saja pemerintah kota di Indonesia mau ikut melakukannya.

 

 

 


Sumber : travel.detik.com
Halaman :
1

Ikuti Kami