4 Hal Penting Untuk Menjadi Tour Guide Yang Berhasil
Sumber: (Photograph by Garry Knight, Flickr)

Investment / 2 October 2013

Kalangan Sendiri

4 Hal Penting Untuk Menjadi Tour Guide Yang Berhasil

Puji Astuti Official Writer
21845

Jika bekerja di belakang meja atau berurusan dengan pembukuan bukanlah tipe Anda, maka pilihan untuk menjadi seorang tour guide akan sangat menyenangkan. Selain menikmati pemandangan yang indah, bertemu dengan orang-orang baru, Anda juga bisa merancang petualangan yang bisa dinikmati bersama  klien anda.

Namun apa yang dibutuhkan untuk menjadi seorang tour guide yang berhasil dan bahkan bisa berkembang hingga menjadi sebuah agen pariwisata?

1. Riset dan memperlengkapi diri

Sebagai seorang tour guide atau pemandu wisata, Anda harus memiliki pengetahuan yang mendalam terhadap rute dan lokasi-lokasi yang akan menjadi tujuan wisata yang Anda tawarkan. Untuk melakukan riset baik dengan membaca literatur, buku sejarah, bertanya pada penduduk lokal, juga turun ke lapangan langsung merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan seorang pemula.

Selain pengetahuan tentang rute wisata, Anda juga harus memiliki keahlian bahasa yang baik, jika tidak, maka klien Anda akan terbatas pada wisatawan lokal saja. Jadi, belajar bahasa adalah sebuah investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan.

2. Membangun jaringan

Terkadang kita harus spesifik pada bidang keahlian kita, dan untuk kebutuhan lainnya kita harus membangun kerjasama dengan orang lain. Contohnya untuk masalah transportasi, Anda tidak harus memiliki kendaraan atau bus sendiri, namun bisa membangun hubungan  dengan penyewaan mobil dan bus. Demikian juga untuk restoran, hotel, tempat wisata, dll. Bahkan jika Anda sudah cukup dipercaya dan dikenal, Anda bisa mendapatkan diskon khusus sehingga keuntungan Anda pun bisa bertambah.

3. Marketing

Investasi yang ketiga adalah dalam promosi atau marketing. Mulai dengan mengiklankan melalui berbagai media, membuat brosur, website atau blog tentang travel, juga membuat event tertentu yang akan menaikkan branding Anda sebagai seorang pemandu wisata yang dipercaya.

4. Menjaga kepuasan pelanggan

Salah satu ukuran keberhasilan Anda adalah ketika pelanggan merasa puas dan menceritakan pengalamannya berwisata bersama Anda kepada teman dan keluarganya. Hal ini juga merupakan metode marketing paling efektif. Jadi pastikan Anda memberikan pelayanan pelanggan sebaik mungkin.

Menjadi tour guide adalah sebuah layanan jasa, untuk itu kemampuan Anda membangun hubungan dengan klien dan terbuka terhadap kritik dan saran mereka menjadi faktor yang akan membantu Anda terus bertumbuh. Tetaplah terbuka untuk segala kemungkinan dan nikmatilah pekerjaan Anda. Selamat mencoba.

Baca juga artikel lainnya :

 

Tingkatkan Kualitas Sebagai Pemandu Wisatawan

Nabilla Shabrina Jadi Putri Pariwisata Indonesia 2013

Corak Batik dalam Tour De East Java

Jadi Pemandu Wisata Itu Mengasyikkan!

Yuk, kunjungi Superbookindo.tv dan mainkan berbagai game seru!

 

Share Kesaksianmu dan Dapatkan Hadiah Seru!

Sumber : Jawaban.com | Puji astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami