Ini Alasan Boko Haram Serang Warga Sipil di Nigeria

Ini Alasan Boko Haram Serang Warga Sipil di Nigeria

Lori Official Writer
3436

Sejumlah anggota bersenjata Boko Haram tiba-tiba menyerang sebuah asrama mahasiswa yang berada di timur laut Nigeria saat mahasiswa sedang tertidur lelap, Minggu (29/9). Terdata sekitar 40 mahasiswa tewas di bantai.

“Semua mahasiswa yang tewas adalah mahasiswa fakultas Pertanian di Kota Gujba, negara bagian Yobe,” kata Gubernur Yobe, Ibrahim Gaidam, seperti dilansir Kompas.com, Minggu (29/9).

Pada insiden sebelumnya sejak bulan Juni 2013 lalu, kelompok Boko Haram juga melakukan pembantaian serupa di dua sekolah di wilayah bagian utara Nigeria dan satu asrama di wilayah bagian Yobe. Insiden tersebut menewaskan sembilan siswa di sekolah pinggiran Maiduguri, sementara serangan kedua menewaskan 13 siswa dan beberapa guru di sebuah sekolah di Damaturu. Untuk serangan di Yobe, penyerang menewaskan 42 orang yang terdiri dari mayoritas mahasiswa.

Sejak tahun 2009, kelompok ini telah menghilangkan ribuan nyawa dengan senjata dan bom mematikan. Bagi Boko Haram, sekolah adalah simbol budaya Barat, sehingga menjadi basis penghancuran sekolah-sekolah di Nigeria.  Mereka mengancam untuk menegakkan hukum Islam yang ketat di wilayah mayoritas Muslim termasuk wilayah utara Nigeria.

Selain kelompok Boko Haram, kelompok lainnya seperti Ansaru yang berkaitan dengan Al-Qaida menjadi ancaman besar bagi warga sipil dan sekolah-sekolah. Serangan itu juga merupakan bentuk perlawanan terhadap pemerintah Nigeria dalam memperjuangkan pembentukan negara Islam.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Berita Foto: Ibadah Di Seberang Istana Merdeka Jakarta Minggu (29/9)

Para Pria di Iran Kini Dapat Menikahi Puteri Angkat Mereka

Soal Lurah Susan, PAN Dukung Jokowi-Ahok

SBY Lakukan Penghalangan Terhadap Keadilan

Masih Percaya Belanja Secara Online?

Sumber : Antara | Kompas | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami