10 Fakta Seputar Ketombe yang Tidak Anda Ketahui
Sumber: Telegraf.rs

Info Sehat / 29 September 2013

Kalangan Sendiri

10 Fakta Seputar Ketombe yang Tidak Anda Ketahui

Lori Official Writer
6962

Bila Anda sudah benar-benar ingin mengakhiri masalah ketombe yang kerap membuat Anda terganggu dan kehilangan rasa percaya diri, maka ketahui sejumlah fakta seputar ketombe berikut dan mulailah mengubah kebiasaan buruk Anda.

Berikut sepuluh fakta yang harus Anda ketahui seputar ketombe.

1. Ketombe itu masih normal. Munculnya sejenis jamur sehat di kulit kepala pada umumnya normal, hanya saja bila hal itu berlebihan maka perlu adanya perawatan.

2. Dengan keramas,maka rambut akan kembali segar, folikel rambut pun akan tampak segar sebab dengan berkeramas dapat mengangkat kotoran yang menempel di kulit kepala.

3. Menggunakan shampoo khusus rambut ketombe mungkin akan lebih tepat bagi Anda. Biasanya jenis shampoo ini akan mengandung bahan selenium sulfide dan zinc pyrithione yang berguna untuk mencegah ketombe timbul di kulit kepala.

4. Tidak stres. Stres ternyata dapat menimbulkan ketombe. Percaya atau tidak kondisi Anda menentukan kesehatan Anda, demikian juga dengan kulit kepala.

5. Kulit membutuhkan paparan sinar matahari. Ternyata kulit kepala juga membutuhkan vitamin E yang didapat lewat pancaran sinar matahari.

6. Konsumsi makanan bernutrisi tinggi dan sehat. Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda seperti makanan yang mengandung vitamin B, asam lemak esensial dan zatbesi seperti contoh brokoli, bayam, daging sapi, udang, kemiri dan kacang panggang.

7. Olahraga teratur setiap hari. Cobalah lakukan pola hidup sehat ini, alhasil kesehatan kulit kepala dan rambut Anda terlindungi.

8. Bila Anda mengalami gatal dibagian kulit kepala, maka gunakanlah minyak kayu putih yang dicampur dengan  air lalu usapkan dibagian kulit kepala yang berketombe.

9. Kenakan pakaian yang terang untuk menyiasati problem ketombe Anda. Untuk hal ini, hindari baju berwarna hitam, sebab warnanya yang kontras dengan ketombe yang berwarna putih. Maka memakai pakaian berwarna putih akan sangat cocok.

10. Bila kondisi ketombe Anda sudah cukup lama dan semakin parah, maka anjuran terakhir kalinya adalah berkonsultasi ke dokter.

Ketombe memang akan menimbulkan beragam permasalahan baik dalam hal penampilan, gatal-gatal maupun ancaman terhadap kesehatan rambut. Untuk itu, simaklah poin-poin diatas siapa tahu diantaranya dapat bermanfaat bagi Anda. Diatas semua hal tersebut, tetap jaga kesehatan dan tetap tampil percaya diri. Salam sehat!


Baca Juga Artikel Lainya:

Basmi Ketombe Dengan 3 Bahan Alami Ini !

Atasi Ketombe Dengan Kenali Makanan Anda

Atasi Gatal di Kulit Kepala dengan Cara Ini

97 Persen Manusia Mengalami Ketombe

Prisoners, Film Penculikan Misterius yang Sukses Puncaki Box Office

Sumber : Kidzworld.com | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami