Rachmat Manullang, Pendeta yang Juga Sukses Sebagai Pendidik

Rachmat Manullang, Pendeta yang Juga Sukses Sebagai Pendidik

Budhi Marpaung Official Writer
9300

Nama Pendeta Rachmat Manullang bukanlah nama yang asing di telinga umat Kristen di Indonesia. Selain karena aktif dalam berbagai kegiatan rohani yang sifatnya interdenominasi, pria kelahiran Bandung 25 April 1962 tersebut juga dikenal suka bersinggungan dengan dunia sosial politik di tanah air.

Lahir dari keluarga Batak-Sunda, Rachmat tumbuh sebagai sosok pemuda yang pemberani. Semasa SMA, ia sudah ikut kegiatan pecinta alam. Cita-citanya bahkan sungguh tinggi yakni menjadi petinggi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI).  

Namun, begitu masuk ke perguruan tinggi, dirinya “ditangkap” oleh Tuhan lewat sebuah acara Kebaktian Kebangunan Rohani. Sejak saat itu, ia mengubah cita-citanya dan memilih untuk melayani sebagai pemberita Kabar Baik.

Tahun 1990, Rachmat Manulang pindah ke kota Bogor bersama sang istri dan anak mereka. Di kota hujan ini, ia pun mendirikan jemaat yang tergabung ke dalam Sinode Gereja Kristen Kemah Daud.

Hingga hari ini, GKKD Bogor tetap eksis dan menjadi garam dan terang di lingkungan sekitarnya.  

Berkecimpung sebagai gembala sidang tak lantas membatasi langkah seorang Rachmat Manullang. Ia tetap bisa terjun ke dunia sosial politik dan pendidikan. Bahkan dalam bidang yang disebut terakhir ini, selain sebagai pengajar, ia juga merupakan Ketua Yayasan STT (Sekolah Tinggi Theologia) LETS (Lighthouse Equipping Theological School) Jakarta.

Sejak didirikan pada 1991, STT LETS telah mencetak alumni-alumni yang tersebar ke berbagai wilayah di Indonesia maupun negara.

Usia memang sudah melewati 50 tahun, tetapi semangatnya dalam bekerja dan berkarya tak pernah surut. Ia tetap fokus pada apa yang menjadi visi Tuhan bagi kehidupannya. Sungguh, Rachmat Manullang adalah salah satu sosok tokoh Kristen sukses yang patut diteladani.  

 

Baca juga : 

Partai-Partai Kristen Tidak Mungkin Bersatu

Apakah Yesus Akan Menolongku ?

Melayani Tuhan Dari Berbagai Penjuru Dunia

Thread Forum JC : Aksi Solidaritas (JCers Goes To Panti Rehab YBMI)  

Basmi Ketombe Dengan 3 Bahan Alami Ini !

Sumber : youtube.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami