3 Sikap yang Benar Saat Teman Sedang Alami Masalah
Sumber: wendygunn.net

Single / 21 September 2013

Kalangan Sendiri

3 Sikap yang Benar Saat Teman Sedang Alami Masalah

Budhi Marpaung Official Writer
5579

 

Semua orang di dunia ini pasti memiliki masalah. Mau seorang presiden atau karyawan biasa, ia tidak mungkin tidak menghadapi persoalan. Oleh sebabnya, tiap-tiap kita membutuhkan orang lain.

Bertolak dari pernyataan di atas maka dapat diambil kesimpulan umum bahwa teman kita juga memerlukan kita di saat mereka sedang melewati ujian hidup. Lalu sikap seperti apa yang perlu kita tunjukkan saat mereka di dalam kondisi kurang menyenangkan tersebut? Berikut jawabannya :

1. Jadi pendengar yang baik

Sebelum kita memberikan nasihat-nasihat atau bahkan kata-kata dukungan kepada teman kita maka langkah paling tepat saat mereka punya masalah adalah dengan kita menjadi pendengar yang baik. Biarkan ia mencurahkan apa yang ada di dalam hatinya. Tampilkan mimik wajah bahwa Anda mengasihi dia dan peduli akan apa yang sedang ia hadapi.

Bagi sejumlah orang, ini sungguh berarti dibandingkan ribuan kata-kata yang diberikan kepada mereka.

2.  Jadi pembawa kabar sukacita

Seringkali karena yang sedang mengalami masalah adalah teman kita, kita justru merasa tidak enak jika menyampaikan kata-kata dengan berlandaskan firman Tuhan. Sikap yang diambil ini salah. Mengapa ? karena firman Tuhan itu memberi sukacita, kekuatan bagi siapapun yang mendengarkannya. Dalam beberapa kasus, justru saat firman Tuhan disampaikan jalan keluar pun mereka temukan.

3. Jadi seorang pelawak

Jadi seperti seorang pelawak maksudnya disini bukanlah kita berubah menjadi tukang pengocok perut seperti halnya yang ada di televisi. Bukan itu. Tetapi jadilah orang yang bisa membuat teman kita itu tertawa. Sebab bagi yang alami sebuah persoalan, candaan atau humor segar mampu menyegarkan pikirannya yang sedang penat atau pusing. Hanya saja, kita harus tahu kapan waktunya melemparkan candaan itu agar kita tidak dianggap tidak simpatik kepadanya.

Mendukung teman disaat ia berada dalam tekanan adalah sebuah tindakan terpuji. Bukan hanya ia bakal terus mengingat hal baik tentang kita, namun itu juga akan mempererat ikatan yang sudah pernah ada di antara ia dengan kita.  


Baca juga :

Dihujani Kritik dari Fauzi Bowo, Ini Sikap Jokowi

Melayani Tuhan Dari Berbagai Penjuru Dunia

Ahli Segala Hal

Susu Kedelai, Cocok Dikonsumsi untuk Cegah Kanker dan Bantu Diet

Thread Forum JC : Aksi Solidaritas (JCers Goes To Panti Rehab YBMI)  

Johnny Harjantho, Sukses Bangun Bisnis di Singapura Dari Nol

Sumber : jawaban.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami