Adu Domba Antar Agama Belasan Politisi Ditangkap

Nasional / 20 September 2013

Kalangan Sendiri

Adu Domba Antar Agama Belasan Politisi Ditangkap

daniel.tanamal Official Writer
3032

Kerusuhan di Kota Muzzafarnagar India yang terjadi antara kelompok Hindu dengan Muslim yang terjadi sejak 7 September lalu dan hingga kini mengakibatkan 50 orang tewas adalah konflik beragama terbesar di India dalam satu dekade ini. Pemerintah pun segera mengejar para aktor dibalik konflik ini.

Saat ini sudah 16 politisi dari Negara Bagian Uttar-Pradesh yang ditangkap karena mereka dituduh menjadi provokator dalam konflik tersebut. Politisi yang ditahan adalah berasal ari kubu penguasa maupun oposisi.

Selain para politisi, pihak keamanan juga memburu 53 warga lainnya yang ikut terlibat kerusuhan. “Pengadilan mengajukan tuntutan kepada 69 orang yang beberapa di antaranya merupakan tokoh politik setempat,” sebut pernyataan dari Pengadilan India, seperti dikutip BBC, Kamis (19/9).

Pemerintah India melalui Perdana Menteri Manmohan Singh menyatakan akan menghukum pelaku kerusuhan. Dirinya segera meminta petugas memberi bantuan kepada ribuan warga Muzzaffarnagar yang kini mengungsi untuk menghindari kekerasan.

Konflik antar agama seperti ini terakhir terjadi di Negara Bagian Uttar Pradesh pada 1992. Saat itu, konflik pecah setelah sebuah masjid diledakkan kelompok nasionalis Hindu.

Potensi konflik antar agama akan terus terjadi jika tidak ada kebijakan tegas yang mengatur mengenai kepentingan para politisi yang kerap menjadi pemicu konflik di akar rumput. Warga masyarakat pun perlu diberikan edukasi dan pendekatan yang penuh guna mencegah terpancingnya terhadap konflik serupa.



 


 

Sumber : asianews
Halaman :
1

Ikuti Kami