Rahasia Sukses Usaha Coffee Shop
Sumber: Kontan.com

Investment / 7 September 2013

Kalangan Sendiri

Rahasia Sukses Usaha Coffee Shop

Lori Official Writer
13616

Budaya minum kopi merupakan bagian dari kehidupan berbagai masyarakat dunia, tak terkecuali Indonesia. Kopi acap kali dijadikan sebagai suguhan pagi maupun dalam saat-saat berbincang dengan rekan dimanapun. Baik tua atau muda, pria atau wanita sangat menyukai kebiasaan ini.

Dari kebiasaan yang digandrungi banyak orang ini, tumbuh ide untuk mengembangkan usaha. Tidak mustahil bila usaha ini kelak akan berkembang seperti Coffee Shop (warung kopi) Starbucks yang telah mendunia.

Bila harus memperbandingkan dengan kedai kopi kenamaan ini, Anda harus berfikir untuk belajar rahasia suksesnya yang konsisten menerapkan lima poin mendasar ini seperti lakukan dengan cara Anda, semuanya penting, Surprise & delight, terbuka terhadap kritik serta leave your mark. Selain itu, Anda juga harus punya kreatifitas sendiri serta peka dengan tren yang sedang berkembang guna memenuhi keinginan dan kebutuhan para pecinta kopi dari masa ke masa. Simak beberapa rahasia sukses Coffee Shop yang perlu Anda perhatikan dibawah ini;

# Bangun Coffee Shop berbasis Hot-Spot atau menyedikan Internet Wifi

Fenomena perkembangan teknologi yang sangat pesat begitu mempengaruhi perilaku manusia, khususnya dalam hal ketergantungan terhadap internet. Sejumlah bidang bisnis dewasa ini sudah memberlakuan cara pelayanan ini sebagai trik untuk menggaet pelanggan yang lebih besar. Jadi sangat penting bagi Anda untuk segera memasang jurus jitu ini agar pelanggan Anda betah berlama-lama dan sering mampir di kedai kopi Anda.

#Pilih lokasi strategis yang ramai dilalui kaum muda maupun tua

Pilihan lokasi merupakan poin utama bila Anda hendak mendirikan usaha. Hal terpenting sebelum menentukan berbagai ide lainnya. Lokasi seperti di tempat perbelanjaan atau mall, pinggiran jalan raya, daerah kampus dan tempat wisata akan menjadi peluang bagi bisnis Anda. Kaum muda biasanya suka nongkrong atau hendak ingin berlama-lama berbincang dengan teman, berdiskusi, ingin mencari inspirasi atau hal lainnya. Umumnya tempat pilihan itu adalah Coffee Shop.

# Sediakan berbagai macam pilihan rasa kopi dan menu makanan lainnya

Bila Anda sudah paham dengan cita rasa kopi yang digemari oleh banyak orang, maka cobalah untuk menyediakan berbagai rasa yang mungkin akan menjadi menu pilihan. Pastinya Anda sudah tahu bahwa Indonesia kaya dengan produk kopinya, sehingga tidak salah bila Anda menyediakan pilihan menu mulai dari kopi asli daerah seperti kopi Arabika Kalimantan, kopi Mandailing Sumatera, Wamena Papua, Toraja dan Luwak. Tak ketinggalan juga sediakan berbagai macam kopi impor lainnya serta berbagai kuliner sebagai pelengkap.

#Tentukan harga yang relatif terjangkau dengan kualitas terjaga

Hal ini penting bila ingin menjangkau seluruh kalangan dari anak sekolah hingga pekerja. Anda dapat mengukur standar kocek mulai dari kalangan ekonomi menengah ke atas, misalnya standar terendah Rp 10.000-Rp 20.000. Bila Anda ingin berbeda jauh dengan cita rasa kopi yang dimiliki oleh kedai kopi lain, maka belajarlah untuk meracik ramuan kopi Anda sendiri. Hal ini tantu menentukan keunggulan dan kualitas Coffee Shop Anda.

Usaha kedai kopi atau Coffee Shop ini merupakan usaha yang tak akan ada matinya, sehingga sangat tepat bila Anda memiliki keinginan mengembangkannya sejak saat ini. Bila berharap ingin berkembang, jalankan usaha ini dengan ketekunan, kerja keras dan komitmen.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Kiat Sukses Memulai Usaha Dagang Sembako

Karyawan Tapi Punya Jiwa Bisnis? Ini Job Side yang Dapat Anda Geluti

John Peter, Pengusaha yang Sukses Dari Jualan Barang Rongsokan

Riddick, Perjuangan Buronan Buangan di Planet Tandus

Sumber : Bisnis.com | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami