Tiga Hal Penting Untuk Dapat Perkenanan Tuhan
Sumber: google.com

Kata Alkitab / 5 September 2013

Kalangan Sendiri

Tiga Hal Penting Untuk Dapat Perkenanan Tuhan

Lois Official Writer
31772

Kitab Ester sempat akan dikeluarkan dari Alkitab oleh salah satu pendeta terkemuka karena tidak ada kata Tuhan di sana. Namun bapak-bapak gereja yang lain membela kitab ini karena penyertaan Tuhan ada di dalam kitab tersebut. Ester melalui doa dan puasa selama tiga hari tiga malam akhirnya menghadap raja dan raja berkenan padanya (Ester 5: 1-4). Itu semua terjadi karena perkenanan Tuhan.

Gara-gara Ester mendapat perkenanan, raja sampai berkata bahwa setengah kerajaannya pun akan dia berikan pada Ester. Meskipun di hari pertama, Ester sudah mendapatkan perkenanan dia tidak minta. Tapi satu yang dia kejar yaitu dia ingin mengejar hati raja lebih lagi. Menurut saya, kunci utama kita mendapat perkenanan adalah membangun keintiman dengan Tuhan.

Ester membangun keintiman dengan raja. Perjamuan itu identik dengan keintiman karena makan-makan itu bicara soal kedekatan, keakraban. Banyak penyelesaian yang diselesaikan di meja makan.

Raja sendiri tidak pernah melanggar perjanjiannya. Dia sudah mengiyakan permintaan Haman untuk membunuh bangsa Israel. Namun, karena perkenanan raja kepada Ester raja berbuat sesuatu yang menetralisir peraturan pertama. Raja mengeluarkan peraturan kedua, karena dia tidak bisa membatalkan peraturan pertama, kalau tidak ingin dianggap sebagai raja yang plin-plan.

Pada tanggal 13 bulan kesepuluh, bangsa Israel boleh dibunuh dan hartanya diambil (peraturan pertama) tapi…ini berbicara tentang peraturan kedua, bangsa Israel boleh membela dirinya. Haman malah digantung dan Mordekhai menjadi penggantinya. Hal ini tentu saja membuat peraturan pertama tidak bisa dipenuhi. Mana ada rakyat yang berani berbuat sesuatu pada bangsa Israel, bangsa Mordekhai yang sekarang punya jabatan tinggi.

Allah juga berkata upah dosa ialah maut, semua manusia yang berdosa pasti meninggal. Tapi siapa yang percaya pada Yesus diselamatkan Roma 6: 23. Peraturan pertama menjadi tidak berlaku akibat peraturan kedua yang Tuhan berikan. Kita semua pasti meninggal, tapi tidak lagi berada dalam dosa kekal tapi di dalam Tuhan.

Apa yang dimaksud intim dengan Tuhan? Saya percaya keintiman punya dua sisi, ingin menyenangkan hati Tuhan, bukan karena ingin dapat sesuatu. Doa haruslah bertanya apa kehendak Tuhan dalam hidup kita. Intim juga bicara tentang roh yang menyala-nyala. Apa ukurannya roh kita bernyala-nyala untuk Tuhan? Jawabannya ada di dalam kitab Wahyu 3: 14-18. Jadi ada tiga hal yang harus kita punyai untuk dapat menyala-nyala bagi Tuhan sehingga intim dengan-Nya dan kita pun dikenan Tuhan.

Membeli Emas yang Telah Dimurnikan

Ayub 23: 10 dikatakan Ayub mau diuji hatinya dan yakin akan timbul seperti emas. Jadi waktu Tuhan uji hati kita, hati kita telah dimurnikan. Jadi apa yang dimaksud dengan emas yang dimurnikan? Yaitu hati yang telah diubahkan, telah diuji oleh Tuhan dan lulus. Jaga hati, jangan simpan sakit hati, lepaskan kepahitan, jangan juga bikin orang lain sakit hati.

Membeli Pakaian Putih

Wahyu 19: 8 dikatakan kita akan dikenakan jubah putih, yaitu jubah pengantin sama dengan jubah kekudusan. Apa artinya jubah putih? Tuhan mau kita hidup dalam kekudusan. Saat kita lahir baru, jubah kita baru. Tapi dalam perjalanan kehidupan, jubah kita bisa kotor. Karena itu, hidup dalam kekudusan supaya kita bisa jaga jubah kita tetap putih. Tidak mungkin roh kita bisa bernyala-nyala kalau kita kompromi dalam dosa.

Membeli Minyak

Minyak itu bicara soal apa? Minyak itu bicara soal pengurapan Roh Kudus. Dia akan memampukan kita untuk berjalan dalam tuntunan dan kehendak Tuhan. Salah satu cara untuk kita dapat dipenuhi Roh Kudus yaitu banyak berdoa dalam bahasa roh. 1 Korintus 14: 3 dan Yudas 1: 20.

Saya percaya kalau kita banyak berdoa dalam bahasa roh, jaga hati, minta pengurapan, jaga kekudusan maka itu yang akan membuat roh kita bernyala-nyala dan itu yang membuat kita bisa intim dengan Tuhan dan kalau engkau intim engkau mengalami perkenanan Tuhan.

Sumber : youtube.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami