Strategi-strategi Selamatkan Usaha Anda dari Ancaman Krisis

Strategi-strategi Selamatkan Usaha Anda dari Ancaman Krisis

Lori Official Writer
6614

Ditengah situasi perekonomian yang tidak menentu,terjadinya inflasi dan tingginya harga-harga, tentu hal ini akan berimbas pada bertahannya usaha Anda. Salah satu dampak nyata yang akan Anda alami adalah krisis keuangan yang akan membebani usaha Anda.  

Masalah keuangan merupakan hal yang sangat krusial bagi segala sektor usaha,maka dari itu pengelolaan keuangan sangat perlu dilakukan. Salah satu hal nyata yang dapat dilakukan adalah menyusun strategi dan mengambil keputusan yang tepat. Strategi lain yang dapat Anda lakukan ditengah krisis global yang melanda sekalipun diuraikan dalam beberapa poin berikut:

#1 Fokus pada Karyawan dan Pelanggan

Bila situasi gentik seperti krisis global yang sudah merambat dalam segala bidang, maka sangat penting bagi Anda untuk fokus pada kekayaan utama usaha Anda yakni karyawan dan pelanggan. Bila kedua hal tetap Anda perhatikan, pendapatan Anda kemungkinan besar aan tetap stabil. Caranya adalah dengan melakukan sejumlah strategi seperti meningkatan layanan, interaksi dan komunikasi. Jika usaha yang lain melakukannya dengan cara pemangkasan karyawan dan meningkatkan harga, maka bertindaklah bijak atau “Dare to be Different”. Bagi para karyawan, cobalah memberi reward semisal penghargaan atas kinerja dan loyalitasnya.

#2 Kurangi pengeluaran yang tidak perlu

Bila pada saat waku-waktu biasanya Anda tidak perlu mengatur keuangan dengan  teliti, maka hentikan kebiasaan itu. Sadarilah bahwa kondisi sudah berubah dan Anda sedang diperhadapkan pada situasi yang mengancam keberlangsungan usaha Anda. Maka dari itu, periksa kembali apakah ada sejumlah hal yang dapat Anda utak atik untuk mengurangi beban keuangan yang membelit.

#3  Gali inovasi dan kreativitas demi menarik konsumen

Kondisi krisis yang Anda alami saat ini menuntut Anda untuk memutar otak dan mulai menciptakan kreativitas unik dan murah yang merupakan kegemaran dari para konsumen.  Kemaslah produk usaha Anda dengan membubuhinya dengan kreativitas Anda sendiri.

#4 Jalin hubungan mitra dengan pihak lain

Bila kondisi usaha Anda sudah berada diambang pintu, maka  mencari dan menjalin relasi degan pihak lain akan sangat membantu. Sebab Anda dapat dibantu oleh investor atau pengusaha lain sagat besar kesempatannya. Rekan kerja dapat membanu Anda baik disaat usaha Anda mengalami krisis atau bahkan mereka dapat membantu menjual produk usaha Anda.

Krisis perekonomian yang sedang kita hadapi ini memang akan terasa dampaknya kepada berbagai bidang, maka cobalah strategi usaha yang menurut keyakinan Anda dapat menyelamatan usaha dari terpaan inflasi dan perekonomian yang tidak stabil di masa ini. Selain itu, jangan pernah lupa berdoa sembari bekerja karena dalam kondisi apapun yang Anda alami, Tuhan yang tetap bekerja.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Krisis Keuangan? Jangan Takut Berinvestasi! (1)

Perlunya Dana Cadangan di Masa Krisis

Rencanakan Keuangan Di Keluarga Kecil Anda

Siasati Agar Usaha Tetap Untung Saat Dolar Menguat

Minimalkan Resiko Dalam Forex Trading

Pilih Mana, Sukses Atau Bahagia?

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami