Australia Masuk ASEAN, Indonesia Makin Banyak Saingan Berat

Nasional / 28 August 2013

Kalangan Sendiri

Australia Masuk ASEAN, Indonesia Makin Banyak Saingan Berat

Budhi Marpaung Official Writer
4588

Federasi sepakbola Australia (FFA) dua hari lalu telah resmi bergabung menjadi salah satu anggota dari AFF. Hal ini pun praktis akhirnya mewajibkan atau bahkan mengizinkan tim nasional Negeri Kangguru ini mengikuti setiap turnamen resmi antarnegara kawasan Asia Tenggara.

Menanggapi masuknya FFA ke AFF, Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin, mengatakan hal tersebut akan juga membuat persaingan indonesia menjadi lebih berat.

"Dengan masuknya Australia ke AFF, tentu Australia ikut bertanggung jawab secara bersama membangun sepakbola ASEAN. Tentu ada sisi positif dan negatifnya. Terutama untuk Indonesia, persaingan akan jadi tambah berat. Tetapi, kesempatan ini akan kami manfaatkan untuk kemajuan sepakbola Indonesia," ujar Djohar saat dihubungi di Jakarta, Selasa (27/8).

Senada dengan Djohar, pelatih timnas U-23, Rahmad Darmawan mengatakan masuknya Australia akan menjadi tantangan berat bagi Indonesia. Namun, hal itu jangan membuat tim garuda patah arang. Sebaliknya, momen tersebut harusnya dapat dipakai untuk berbenah diri.  

"Australia semua tahu, mereka mempunyai kualitas di atas rata-rata. Tak hanya untuk Indonesia, ini akan menjadi tantangan besar buat negara-negara ASEAN lainnya. Yang terpenting Indonesia harus berbenah. Jika tidak mereka bakal sulit ditaklukkan," tutur RD.

Seperti diketahui, selama ini kekuatan sepakbola Asia Tenggara adalah selalu bertumpu kepada Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Vietnam. Hadirnya Australia di AFF praktis mengubah peta yang ada. Piala AFF 2013 bakal menjadi pembuktian prediksi banyak pengamat.

Sebagai informasi, dari 15 kali pertemuan yang pernah dilakukan, Indonesia baru mampu meraih 1 kali kemenangan dari Australia. Hasil positif yang diraih anak-anak Garuda ini pun terjadi saat kualifikasi Piala Dunia 1981 atau tepatnya 32 tahun lalu.

Memang ke depannya akan sangat berat bagi timnas Indonesia untuk menjadi juara di level Asia Tenggara. Akan tetapi, seluruh insan sepakbola tidak boleh patah arang. Kita harus percaya bahwa dengan tekad dan kerja keras maka prestasi pasti didapat, siapa pun lawan yang dilawan di lapangan hijau nanti.   

 

Baca juga : 

Kalahkan Filipina, Jacksen Puji Penampilan Timnas

Yang Muda Yang Menginspirasi

Antonie, Kisah Seorang Martir Untuk Tana Toraja

Tips Agar Bisa Kompak Dengan Saudara Ipar

Iwan Sunito, Anak Desa Jadi Pengusaha Properti di Australia

Thread Forum JC : Bohong Dengan Teman Chatting  

Sumber : berbagai sumber / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami