68 Indonesia Merdeka, Sudahkah Anda Menorehkan Sejarah di Bangsa Ini?

Internasional / 17 August 2013

Kalangan Sendiri

68 Indonesia Merdeka, Sudahkah Anda Menorehkan Sejarah di Bangsa Ini?

Puji Astuti Official Writer
2998

Pada 17 Agustus 1945, Indonesia gegap gempita menyambut  proklamasi, sebuah harapan baru untuk masa depan yang lebih baik tergambar dalam benak para bapak pendiri negeri ini. Namun setelah itupun, semua tidak langsung berjalan mulus, berbagai tantangan baik dari dalam maupun luar terjadi, namun dengan terus menjaga kesatuan dan terus berjuang, Indonesia tetap utuh menjadi sebuah bangsa.

Kini, 68 tahun setelah proklamasi Indonesia telah menorehkan sejarah dalam banyak hal, ada yang membanggakan, namun tidak sedikit pula yang memilukan. Banyak keberhasilan, namun ada pula yang harus kita akui sebagai kegagalan-kegagalan yang harus diperbaiki kedepannya.

Harus diakui bahwa Indonesia telah berkembang menjadi salah satu negara di Asia Tenggara dengan ekonomi yang cukup stabil. Namun korupsi yang merajalela di Indonesia telah membuat negeri ini mengalami kebocoran anggaran hingga triliunan rupiah. Masyarakat miskin yang seharusnya bisa disejahterakan, hanya bisa menantikan setetes bantuan yang mengalir hanya saat pemerintah ingin mengambil hati rakyat.

Pencitraan menjadi bahasa yang populer, sehingga masyarakat mulai kehilangan kepercayaan pada para pemimpin. Namun ditengah-tengah kondisi ini, Tuhan tetap mendengar jeritan hati rakyat dengan memperlihatkan bahwa masih ada satu, dua orang pemimpin negeri ini yang memiliki integritas dan memikirkan kepentiangan masyarakat banyak. Kita patut bangga pada mereka.

Tapi HUT RI ke-68 ini, masihkah Anda bangga dengan Indonesia? Bagaimanapun kondisi negeri ini, kita harus tetap mencintai bangsa ini dan bangga. Mengenai kondisi memilukan yang ada, itu adalah bagian kita untuk berjuang mengatasinya. Kita tidak lagi harus berjuang mencurahkan darah seperti para pahlawan dulu, namun kita harus berpeluh dan bekerja keras mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur. Lakukan dari hidup kita sendiri, di keluarga, lingkungan dan masyarakat sekitar. Anda dan saya adalah pembuat sejarah di Indonesia, di jaman ini, mari perjuangkan dengan segenap hati.

Baca juga artikel lainnya :

Spesial Topik HUT RI

Presiden Barack Obama Ucapkan Selamat HUT RI Ke-68

Ingin Kenal Budaya Indonesia, Peserta Miss World Nigeria Ikuti HUT RI

WNI Seluruh Dunia Ikut Rayakan HUT RI ke-68

Gerakan Jendela 4-14, Untuk Masa Depan Bangsa!

Sumber : Jawaban.com | Puji astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami