DPRD Akan Bentuk Pansus Untuk Ganti Nama Jawa Barat, Alasannya?

DPRD Akan Bentuk Pansus Untuk Ganti Nama Jawa Barat, Alasannya?

Puji Astuti Official Writer
2556

"Nama Jawa Barat itu adalah pulau Jawa bagian barat. Bukan nama yang ada filosofinya. Realitanya juga sekarang ada yang lebih barat di pulau Jawa selain Jawa Barat, yakni Banten dan DKI," demikian ungkap Asep Saepul Muhtadi dari Forum Pengkaji Pergantian Nama Provinsi Jawa Barat.

Atas saran dari forum pengkajian tersebut, DPRD Jabar rencananya akan membentuk pansus untuk membahas pergantian nama provinsi tersebut.

"Pembentukan pansus akan dilakukan setelah Lebaran. Sampai saat ini setiap pimpinan komisi pada dasarnya sudah tahu soal pergantian nama Jabar. Namun belum semua anggota dewan mengetahuinya dengan pasti," demikian penjelasan Wakil Ketua DPRD Jabar Uu Rukmanan, Senin (12/8) lalu.

Menurut Uu sendiri, pergantian nama Provinsi Jawa Barat berpotensi menimbulkan perpecahan, karenanya setiap elemen masyarakat Jawa Barat seperti masyarakat Sunda, Cirebon dan juga Betawi yang bermukim di provinsi itu harus dilibatkan. Ia tidak menginginkan nantinya karena pergantian nama malah ada wilayah-wilayah yang ingin melepaskan diri atau membentuk provinsi baru.

"Kita harus berpikir masalah Jawa Barat ke depan, kalau penggantian nama sih gampang saja tapi harus dipikirkan masalah persatuan kesatuan Jawa Barat," tegasnya.

Walau mayoritas masyarakat Jawa Barat adalah etnis Sunda, namun tidak bisa dipungkiri bahwa banyak suku-suku lain yang juga telah bermukim di Jawa Barat. Untuk itu seperti yang disampaikan oleh Uu Rukmanan, fokus utama tetap pada kesatuan dan persatuan wilayah ini, dan juga bagaimana membuat masyarakat Jawa Barat sejahtera dengan tetap melestarikan budaya dan kesenian yang ada.

Baca juga artikel lainnya :

Gereja Di Tasikmalaya Dirusak Orang Tak Dikenal

Polres Bandung Adakan Program Perampingan untuk Polisi Gendut

Ahmad Heryawan - Deddy Mizwar Resmi Menangkan Pilgub Jabar 2013

Grace Natalie & Abbas Yahya : Inspirasi dari Balik Kamera

Kesaksian Istri Seorang Debt Collector

Sumber : JPNN.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami