Wajah Gereja yang Berubah Fungsi Jadi Masjid
Sumber: google.com

Internasional / 10 August 2013

Kalangan Sendiri

Wajah Gereja yang Berubah Fungsi Jadi Masjid

Lois Official Writer
13376

Gereja dan masjid tersebar ke seluruh dunia, bahkan ke negara-negara yang punya mayoritas agama tertentu. Terkadang bangunan ini malah berdiri berdampingan. Ada kisah gereja menjadi masjid, ada juga sebaliknya. Dengan berbagai alasan, fungsi mereka pun berubah walau meski bangunannya tetap sama. Berikut ini beberapa gereja yang berubah fungsi menjadi masjid :

Gereja Methodist Menjadi Masjid Didsbury

Di kawasan Burton Road, Didsbury Barat ada sebuah masjid yang dulunya merupakan bekas gereja komunitas Methodist. Bangunan ini termasuk bangunan kuno karena telah berdiri sejak 1883. Pada 1962, gereja ini ditutup dan kemudian beralih fungsi meskipun bentuknya tetap menyerupai gereja.

Gereja London Menjadi Masjid Brent

Masjid ini terletak di Chichele Road, London dan bisa menampung 450 jemaat. Bentuknya yang seperti gereja memang tidak diubah meskipun telah dialihfungsikan, namun ditambah kubah kecil berwarna hijau di beberapa bagian dan puncak menaranya.

Gereja St. Marks Cathedral Menjadi Masjid New Peckham

Bangunan ini terletak di dekat taman Burgess di London Selatan. Bagian atas masjid menjadi salah satu pusat kebudayaan Islam dengan sebuah mimbar khusus imam dan kipas angin sederhana.

Gereja St. Vincent Menjadi Masjid Agung Cordoba

Bangunan ini awalnya dibangun pada tahun 600 masehi untuk jemaat Kristen. Namun, di pemerintahan Dinasti Umayyah menguasai kawasan Andalusia, gereja itu pun menjadi masjid. Bangunan ini menggabungkan arsitektur Rennaisance dan Moorish yang sangat tersohor di dunia.

Gereja Orthodok Menjadi Hagia Sophia

Pada tahun 1204-1261, bangunan ini merupakan gereja Katholik Roma. Saat Konstantinopel dikuasi Dinasti Usmaniyah pada 1453, bangunan ini pun berubah menjadi masjid Hagia Sophia. Bagian altar katedral diubah menjadi mihrab dan mimbar suci dan ditambah 4 menara di sekitar bangunan.

Gereja Orthodok Menjadi Masjid Jami’Brick Lane

Bangunan yang terletak di jalan Brik Lane nomor 52 ini menjadi masjid terbesar di London yang mampu menampung 4.000 jemaah. Awalnya bangunan ini didirikan pada 1743 dan ditutup sementara pada 1960-an. Entah bagaimana, bangunan ini kembali dibuka pada 1976 dengan nama baru dan fungsi baru.

Gereja Protestan Menjadi Masjid Central Wembley

Komunitas Muslim di jantung kota Wembley ini memang terbilang cukup besar. Masjid yang berdiri sana dulunya gereja Protestan sampai akhirnya dibeli oleh komunitas Muslim pada 1993. Selama 3 tahun bangunan ini direnovasi dan menjadi sebuah ruangan besar untuk ibadah umat Islam. Meski memiliki kubah di bagian puncak menara, sisa arsitektur gereja masih tampak jelas.

Itulah beberapa gereja yang pada akhirnya dialihfungsikan menjadi masjid. Mendengar berita ini, mungkin ada kemirisan dalam hati kita. Alasan apapun yang menyebabkan peralihan tersebut, tentu mendatangkan tanda tanya. Apakah umat pemercaya Tuhan berkurang? Apakah gereja banyak yang dihimpit oleh masalah ekonomi? Atau apakah kita tidak bisa jadi terang? Mari kita serius berpikir dan memaknai arti kita sebagai orang yang percaya Kristus di dalam dunia ini.

 

Baca juga :

Resep Bolu Kukus Batik, Indonesia Banget

Perkatakan Janji Allah, Mujizat Pasti Terjadi

Saat Kita Harus Mengampuni

Ini Cara Bijak Orangtua Meminta Maaf Pada Anak

Hubungan Antara Schizophrenia dengan Kebugaran Tubuh

Kista di Rahim, Tidak Menghalangi Mujizat Tuhan

Sumber : kapanlagi.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami