Australia Pecahkan Rekor Penderita Kanker Terbanyak di Dunia
Sumber: google

Nasional / 4 August 2013

Kalangan Sendiri

Australia Pecahkan Rekor Penderita Kanker Terbanyak di Dunia

Puji Astuti Official Writer
3627

Rekor kali ini tidak patut dibanggakan, pasalnya negara kanguru, Australia menjadi negara dengan penderita kanker tertinggi dibandingkan Selandia Baru, Amerika Utara dan Eropa Barat. Salah satu yang menjadi penyebab utamanya ternyata adalah obesitas.

"Obesitas dengan skala epidemik adalah penyebab kanker payudara, kanker kandungan, dan kanker indung telur," demikian penuturan Prof Gary Richardson, Kepala Kelompok Onkologi Australia, Minggu (4/8) yang dikutip News.com.au.

Menurut Prof Gary banyak orang Australia tidak sadar bahwa bahwa banyak penyakit kanker bisa dihindari dengan menghindari konsumsi alkohol, rokok dan menjaga berat badan, berolahraga dan makan makanan yang sehat.

Meningkatnya jumlah penderita kanker di Australia salah satunya karena sistem deteksi dini yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah Australia. Dengan deteksi dini ini maka Australia juga berhasil menjadi pemegang rekor untuk penderita kanker yang berhasil disembuhkan.

Walau Indonesia masih belum ada data yang valid tentang jumlah penderita kanker, namun masukan dari Prof Gary untuk menghindari penyakit ini dengan pola hidup yang sehat bisa menjadi masukan yang baik. Terutama menjaga agar berat tubuh tetap ideal dengan makanan yang sehat dan juga berolahraga teratur.

Sumber : Kompas.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami