Saat Proses Pembentukan Tuhan Terjadi Dalam Hidup

Kata Alkitab / 1 August 2013

Kalangan Sendiri

Saat Proses Pembentukan Tuhan Terjadi Dalam Hidup

Lois Official Writer
67259

Masa-masa paling sulit dalam hidup kekristenan adalah ketika kita mengalami proses pembentukan Tuhan. Tidak jarang kita jumpai iman seseorang goncang, ada yang tidak tahan uji dan akhirnya berpaling dari Tuhan. Setiap orang percaya pasti melalui proses ini. Sebab Tuhan bukan hanya menghendaki kita selamat, tapi juga menjadi sempurna, berharga, dan mulia.

BEBERAPA HAL YANG DIPAKAI ALLAH UNTUK MEMPROSES KITA

Dia Memakai Keseharian Kita ([kitab]Yerem18:1-2[/kitab])

Di dalam perjalanan kehidupan ini ada banyak perkara yang kita alami bahkan kadangkala kita harus berada di lembah-lembah pencobaan yang membuat kita menjerit, berseru memohon pertolongan Tuhan. Tetapi kita harus mengetahui semuanya terjadi atas seijin Tuhan untuk memproses kita.

Allah Melakukan Proses Penyempurnaan ([kitab]Yerem18:4[/kitab])

Alkitab mencatat, ranting yang tidak berbuah dipotong-Nya, sementara yang berbuah dibersihkan-Nya. Jadi, Allah memproses karena Dia menghendaki hidup kita sempurna. Seperti bejana yang terus diproses tukang periuk sehingga akhirnya menjadi sebuah bejana yang baik. Kita juga akan terus diproses Tuhan sampai akhirnya menjadi baik. Bejana menjadi susah dibentuk karena sudah terlalu keras sehingga harus dibasahi terlebih dahulu atau karena di dalam tanah ada batu sehingga batu itu harus dibuang.

Allah Proses Kita Agar Buah Kebenaran Lebih Matang

Kekristenan tidak hanya bicara tentang surga, tapi di dunia ini pun kita harus dapat menghasilkan buah yang dapat dinikmati orang lain sehingga bisa membawa banyak orang berjalan menuju surga.

TINDAKAN NEGATIF YANG SERING KITA LAKUKAN SAAT DIPROSES ALLAH

Namun, bagaimana kita bisa mencapai semua itu sangat tergantung kita dan reaksi kita terhadap proses tersebut. Ada beberapa tindakan negatif yang kita keluarkan saat proses itu terjadi, yang berarti kita harus terus diproses sampai kita menjadi sempurna nantinya. Berikut ini tindakan negatif tersebut :

Keras Kepala dan Keras Hati ([kitab]Mazmu95:7-11[/kitab])

Hal ini dapat menghambat rencana Allah dalam kehidupan kita. Oleh sebab itu, kita harus sadar akan proses Tuhan dan dengan kerendahan hati mau menerima proses tersebut.

Selalu Bersungut-sungut ([kitab]iKori10:9-10[/kitab])

Bersungut-sungut artinya kita melihat sesuatu dari sisi negatifnya. Tetapi sebagai orang percaya, apapun yang terjadi harus dilihat dari sisi positifnya yaitu bahwa rancangan Tuhan adalah yang terbaik.

Ketidaksabaran ([kitab]Ibran6:15[/kitab])

Ketidaksabaran merupakan hambatan yang serius dalam proses pembentukan. Tidak sedikit yang gagal karena tidak sabar.

Sebagian orang percaya memang di satu sisi memiliki keyakinan tentang kepastian Kerajaan Sorga, namun di sisi lain, tidak bersedia diproses Allah. Ketika jatuh dalam dosa, menganggap hal itu sebagai hal wajar karena masih hidup di dunia. Allah ingin kita selamat, tapi Dia juga ingin kita sempurna. Karena itu, kita harus berjalan bersama Tuhan, merelakan diri untuk terus dibentuk sesuai dengan kehendak-Nya, sebab itu memang yang terbaik bagi kita.

 

by Gilbert Lumoindong

Sumber : buku mujizat setiap hari by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami