5 Tips Menghilangkan Sakit Punggung
Sumber: merdeka.com

Solusi Sehat / 31 July 2013

Kalangan Sendiri

5 Tips Menghilangkan Sakit Punggung

Budhi Marpaung Official Writer
19779

Sakit punggung bisa menyerang siapa saja. Pria-wanita, semua berpotensi untuk mengalami nyeri yang amat di belakang tubuhnya.

Walau dalam banyak artikel medis, mengatur pola tidur adalah solusi untuk menyembuhkannya. Namun ternyata ada sejumlah cara lain yang bisa diterapkan oleh penderita supaya sakit punggung dapat segera hilang.

Berikut beberapa tipsnya :  

1. Jangan Membungkuk

Bungkuk adalah sikap tubuh yang buruk bagi Anda. Dengan melakukan ini maka sakit punggung yang Anda rasakan akan bertambah parah, terutama jika duduk untuk waktu yang lama. Bila Anda sedang berada di depan computer, usahakan tubuh Anda jangan merosot mendekati keyboard. Sebaliknya, duduklah yang tegak, dengan bahu rileks dan tubuh Anda didukung punggung kursi.

2. Konsumsi Pereda Sakit Punggung dengan Resep Dokter

Beberapa orang mungkin perlu obat golongan nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID) yang lebih kuat atau obat opioid, yang tentunya perlu resep dokter, agar  membantu meredakan rasa sakitnya. Sangat penting untuk konsultasi dulu dengan dokter atau apoteker Anda jika Anda sedang mengkonsumsi obat lain, termasuk obat-obatan yang dijual bebas, untuk menghindari kelebihan dosis bahan aktif tertentu.

3. Temui Terapis Fisik

Terapis fisik bisa mengajarkan cara duduk, berdiri, dan bergerak yang membuat tulang belakang Anda dalam keadaan selaras dan mengurangi ketegangan pada punggung Anda. Mereka juga bisa mengajarkan latihan khusus yang dapat memperkuat otot-otot inti yang mendukung punggung Anda. Studi menunjukkan bahwa jika Anda meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan daya tahan otot, maka nyeri punggung akan berkurang, namun tentunya membutuhkan waktu.

4. Jangan Istirahatkan Punggung yang Nyeri

Jika dulu, dokter sering meresepkan istirahat di tempat tidur bagi penderita sakit punggung. Tapi sekarang kita mengetahui bahwa berbaring merupakan salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan ketika sakit punggung. Bukannya membaik, nyeri punggung justru bertambah parah dan bahkan dapat menyebabkan komplikasi lain.

Sungguh penting untuk bangun dan perlahan-lahan mulai bergerak lagi. Olahraga menjadi salah satu cara paling efektif untuk meredakan sakit punggung dengan cepat. Cobalah untuk berenang atau berjalan santai di sekitar depan rumah Anda.

5. Terapkan Dingin dan Panas untuk Meringankan Sakit Punggung

Seperti halnya memar, menaruh es ke daerah yang menyakitkan di punggung dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat cedera. Coba lakukan ini beberapa kali sehari, masing-masing selama 20 menit. Setelah beberapa hari, beralih ke panas.

Terapkan bantal pemanas atau pak hangat untuk membantu mengendurkan otot Anda dan meningkatkan darah yang mengalir ke daerah nyeri. Anda juga dapat mencoba mandi air hangat untuk membantu relaksasi. Hanya saja demi menghindari luka bakar dan kerusakan jaringan, jangan pernah tidur dengan bantal pemanas.

Jika tips-tips diatas tetap saja tidak membawa sesuatu yang positif bagi menurunnya rasa sakit di punggung Anda, segeralah periksakan diri Anda ke dokter ahli. Kalau memang harus dilakukan operasi, turutilah. Sebab pastinya ini adalah cara terakhir untuk menghilangkan rasa sakit punggung yang Anda alami.  


Baca juga : 

Hindari Nyeri Punggung dengan Pola Tidur Ini

Kartu Kredit : Berhutang Tanpa Malu-Malu  

Cerita Abraham Lincoln Dengan Seorang Pengacara Senior

Christ is Enough

Sumber : dokita.co / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami