FBI Selamatkan 105 Anak Dari Perdagangan Manusia
Sumber: Ilustrasi (REUTERS)

Nasional / 30 July 2013

Kalangan Sendiri

FBI Selamatkan 105 Anak Dari Perdagangan Manusia

Puji Astuti Official Writer
3955

Anak-anak seharusnya mendapatkan perlindungan dan kasih sayang dari orangtuanya, namun kondisi memprihatinkan dialami oleh 105 anak di Amerika Serikat yang berhasil diselamatkan oleh Biro Penyelidikan Federal (FBI) dari jaringan eksploitasi dan penyeludupan manusia untuk kegiatan seks komersial.

FBI menyatakan pada Senin (29/7) lalu, dalam sepekan pihaknya menyelamatkan 105 anak itu dari 76 kota di Amerika dan korban yang paling muda masih berusia 13 tahun. Selain menyelamatkan anak-anak tersebut, pihak berwenang juga menangkap 150 mucikari dalam tiga hari penyergapan yang dilakukan serentak di seluruh negara bagian.

"Prostitusi anak tetap menjadi ancaman bagi anak-anak di seluruh Amerika," demikian pernyataan Ron Hosko, Asisten Direktur Divisi Penyelidikan Pidana di FBI, yang dikutip Antaranews.com dari kantor berita Xinhua.

"Operasi ini menjadi pengingat bahwa kejahatan yang menjijikkan ini dapat terjadi di mana saja, dan FBI tetap terikat komitmen untuk menghentikan lingkaran perbuatan yang mengorbankan manusia ini dan menyeret para penjahat yang meraih keuntungan dari eksploitasi ini," demikian tambahnya.

Operasi yang disebut sebagai "Innocence Lost Initiative" tersebut melibatkan 47 divisi FBI, 3.900 orang agen dan petugas serta penegak hukum dari 230 lembaga berbeda dari seluruh negara bagian. Operasi ini dilakukan secara terus menerus sejak tahun 2003, dan dalam kurun waktu satu dekade telah berhasil menyelamatkan lebih dari 2.700 anak dari tindak kejahatan perdagangan manusia.

Menurut FBI para pelaku perdagangan manusia lebih sering mengincar anak-anak bermasalah dan juga mereka yang dari keluarga berantakan ataupun pernah mengalami pelecehan seksual, karena mereka tidak mendapatkan perhatian dari keluarganya. Hal ini kiranya bisa menjadi sebuah pembelajaran penting agar kedepannya anak-anak bermasalah janganlah disingkirkan, tapi perlu lebih dirangkul dan diperhatikan.

Baca juga artikel lainnya :

Istri Pangeran Arab Saudi Terlibat Perdagangan Manusia?

273 Pekerja Dibebaskan Dari Pabrik Batu Bara India

Polisi Nigeria Hentikan Perdagangan Bayi

Permintaan Seorang Anak Pada Presiden SBY : Tolong Buka Segel Gereja Kami

Uang Belanja Pas-pasan, Namun Tetap Memberi

Sumber : Antaranews.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami