Siasati Pembengkakan Anggaran Belanja di Hari Raya
Sumber: Blogspot.com

Career / 30 July 2013

Kalangan Sendiri

Siasati Pembengkakan Anggaran Belanja di Hari Raya

Lori Official Writer
4757

Banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi saat hari Raya, tentunya akan berdampak pada pembengkakan anggaran belanja. Bahkan THR yang telah disisihkan khusus untuk belanja sekalipun tidak akan cukup, sehingga terpaksa merogoh uang simpanan pribadi. Untuk mensiasatinya, Anda perlu memperhatikan sejumlah hal berikut:

Pentingnya Menyusun Daftar Anggaran Belanja

Tak dipungkiri, tingginya tingkat berbelanja jelang hari Raya berkaitan dengan tingginya kebutuhan pada momen itu. Jadi, tetapkan daftar kebutuhan yang terpenting yang perlu Anda penuhi. Hal ini membantu Anda untuk menghindari diri dari pemborosan biaya dengan membeli barang-barang yang tidak atau kurang penting. Misalnya belanja baju dan makanan. Dua kebutuhan ini biasanya lebih banyak menghabiskan anggaran. Bila ingin hemat, maka cobalah lebih cermat dengan mencari diskon atau mengurangi belanja berlebih.

Belanja Jauh Hari Disaat Harga Masih Normal

Lazimnya, harga-harga akan melambung tinggi saat hari besar tiba.  Bila Anda memiliki daftar kebutuhan yang memang harus dipenuhi, maka belanjalah jauh-jauh hari. Hal ini membantu Anda menghemat harga bila Anda belanja beberapa hari sebelumnya. Anda pasti masih tetap dikenakan harga normal.

Bawa Uang Tunai Saat Belanja Kebutuhan

Bila Anda sejak awal sudah punya daftar belanja, maka membayar belanjaan dengan uang tunai akan mengingatkan Anda untuk patuh pada ketentuan sendiri. Sekalipun banyak hal menarik yang mencoba menggoda Anda, kemungkinan untuk mengeluarkan anggaran lebih pasti akan lebih sulit.  

Andalkan Bakat dan Kemampuan Anda

Di hari Raya, kebutuhan akan makanan menjadi hal yang utama dan biayanya cukup mahal. Kebanyakan orang memang akan memilih untuk membeli kue atau roti yang sudah jadi. Bila Anda ingin menghemat budget belanja makanan, memanfaatkan bakat Anda dengan membuat kue sendiri justru akan lebih baik. Anda justru akan memperoleh dua keuntungan sekaligus yaitu hemat dan kualitasnya terjamin.

Bila hari besar menjadi momen mengerikan bagi keuangan Anda, maka sejak saat ini Anda tak akan lagi mengalaminya. Bijak dengan mempersiapkan segala kebutuhan jauh-jauh hari akan membantu Anda melewati persoalan ini. Hari besar juga dapat dilewati dengan biaya hemat kog.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Apakah Belanja Tanpa Anggaran Lebih Hemat?

Serunya Karyawan Berdagang Sambilan di Kantor

Susi Pudjiastuti, Wanita Sukses Bermodal 750 Ribu Rupiah Hingga Punya 50 Pesawat

Uang Belanja Pas-pasan, Namun Tetap Memberi

Mudik Lebaran: Sejumlah Aparat Bersenjata Siap Amankan Mudik

Sumber : Kompas Female
Halaman :
1

Ikuti Kami