Membenci Orangtua yang Menyakiti Kita, Apakah Dibenarkan?
Sumber: popscreen.com

Single / 27 July 2013

Kalangan Sendiri

Membenci Orangtua yang Menyakiti Kita, Apakah Dibenarkan?

Budhi Marpaung Official Writer
49578

Tidak ada orang di dunia ini yang mau disakiti baik secara fisik maupun psikis oleh orang lain. Dengan alasan apapun, setiap kita pasti enggan untuk diperlakukan kurang baik/semena-mena.

Namun pada faktanya, seringkali apa yang tidak diharapkan ini justru terjadi dalam kehidupan banyak orang khususnya di dalam keluarga. Anak-anak yang merasa butuh kasih sayang, ternyata malah menerima omelan, pukulan, bahkan sindiran dari para orangtuanya. Jangan heran, di dalam pelayanan-pelayanan luka batin, banyak anak yang diketahui menyimpan kebencian kepada ayah-ibunya (bisa juga ayah atau bisa ibu saja).

Tentu menjadi pertanyaan, apakah ini dibenarkan mengingat orangtua nyata-nyata menyakiti kita? Bila melihat ke Alkitab maka hal ini salah jika kita ambil sikap seperti itu. Mengapa? Karena Tuhan hanya menyuruh anak-anaknya untuk menghormati ayah maupun ibu. Tidak disebutkan disana ada persyaratan: jika ayah dan ibu kita baik, maka kita harus menghormati mereka. Sebaliknya jika mereka tidak baik, kita tidak harus menghormati mereka.

Bila melihat ke Alkitab, hormat yang dimaksudkan disana bukan sekedar kita mendengar dan mengikuti setiap perintah dan didikan mereka, tetapi juga bicara mengenai sikap hati. Bagaimana di saat orangtua tidak menjalankan peran mereka dengan baik, kita pun tetap menaruh respek kepada mereka. Bahkan ekstrimnya, sejahat apapun perlakuan orangtua ke kita, kita tidak boleh membenci mereka.

Hal ini memang sangat sulit dipraktikkan karena kita memiliki banyak keterbatasan. Akan tetapi, Tuhan memberikan penolong kepada kita yakni Roh Kudus. Dialah yang dapat menyanggupkan kita untuk tetap bisa mengasihi orangtua kita.

Satu hal penting yang perlu diingat ketika Anda mau untuk membuang kebencian dan menjaga kasih dan hormat Anda kepada orangtua maka pada waktu-Nya, Anda akan melihat orangtua Anda diubahkan dan keluarga Anda menjadi keluarga yang seperti Dia rindukan dan rancangkan.

 

Baca juga :

Saat Kebencian Mengaburkan Rasa Cinta di Hati

Christ is Enough

10 Cara Alami Mengempiskan Perut Buncit (2)

Kisah Wanita Tua dan Pot Retak  

Ketua Umum FPI Sebut SBY Pecundang  

Sumber : jawaban..com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami