Adu Jotos Jelang Final, Ganda Putra Thailand Didiskualifikasi
Sumber: Kompas.com

Nasional / 23 July 2013

Kalangan Sendiri

Adu Jotos Jelang Final, Ganda Putra Thailand Didiskualifikasi

Puji Astuti Official Writer
5927

Final ganda putra Yonex Canada Grand Prix pada Minggu (21/7) lalu seharusnya menjadi momen membanggakan bagi Thailand, karena kedua tim yang akan memperebutkan juara berasal dari negara tersebut. Namun entah apa penyebabnya, malah tiga orang dari mereka beradu jotos.

Berdasarkan berita yang dirilis oleh AFP, Bodin Issara dan rekannya Pakkawat Vilailak menyerang salah seorang pemain yang akan menjadi lawannya, Maneepong Jongjit. Dalam video dokumentasi terlihat Bodin mengejar mantan patnernya Maneepong melintasi lapangan dan kemudian memukulnya. Akhirnya Bodin dan Pakkawat diberi sanksi kartu hitam atau diskualifikasi, dengan demikian kemenangan otomatis diberikan kepada Maneepong dan pasangannya Nipitphon Puangpuapech yang tidak terlibat dalam perkelahian tersebut.

Walau demikian federasi bulutangkis dunia (The Badminton World Federation ) yang berbasis di Malaysia tetap akan melakukan penyelidiki insiden ini.

"Final ganda putra berakhir dalam situasi yang tidak biasa," demikian pernyataan resmi BWF.

Penyelidikan akan dilakukan oleh komite disiplin, yang menurut BWF akan menangani situasi seperti itu sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan. Insiden di GP Kanada ini adalah kedua kalinya  dunia bulutangkis dipermalukan, setelah pada Olimpiade London tahun lalu delapan orang pemain ganda putri dari Korea Selatan, Indonesia dan China di diskualifikasi karena mencoba mengalah dalam pertandingan. Berkaitan dengan insiden yang telah beberapa kali terjadi, WBF mengumumkan akan melakukan perubahan peraturan pada pertandingan ganda dalam Olimpiade di Rio Dejainero pada tahun 2016 nanti.

Sungguh disayangkan kedua pemain Thailand diatas harus kalah sebelum bertanding. Pada akhirnya perjuangan panjang yang telah mereka jalani menjadi sia-sia, karena mereka tidak dapat menguasai diri. Semoga hal seperti ini tidak terjadi kembali.

Baca juga artikel lainnya :

Ahsan/Hendra Incar Juara di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013

Jagoan Indonesia yang Raih 3 Gelar di Singapura Open

Sea Games 2013 : Bulutangkis Targetkan Tiga Emas

7 Makanan & Minuman Yang Efektif Atasi Nyeri Punggung

Perkatakan Janji Allah, Mujizat Pasti Terjadi!

Sumber : AFP | Kompas.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami