Umat Kristen Manado Hidup Harmonis Dengan Agama Lain
Sumber: Manadokota.go.id

Internasional / 22 July 2013

Kalangan Sendiri

Umat Kristen Manado Hidup Harmonis Dengan Agama Lain

Lori Official Writer
7430

Seperti reaksi yang terlihat saat penyambutan bulan Puasa pekan lalu, sejumlah tokoh agama Kristen seperti Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS), Gereja Masehi Injili Minahasa (GMIM), Pdt Arthur Rumengan, dan lembaga lainnya di Manado menghimbau agar menghormati umat Non-Kristen yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Seperti yang telah diakui, Manado, Sulawesi Utara ini memang sudah sejak lama menciptakan budaya toleransi antarumat beragama. Wujud dari toleransi ini juga merupakan bagian dari ajaran Kristen untuk saling mengasihi sesama manusia seperti mengasihi diri sendiri.

Keharmonisan hidup yang tercipta di kota ini pada akhirnya mendapatkan pengakuan dari dunia, sehingga Manado kerap dipakai sebagai tempat pelaksanaan dialog interaktif antar agama baik dari lembaga asal Indonesia maupun dunia.

Lingkungan masyarakat yang dikelilingi oleh berbagai jenis ras dan agama, tidak pernah memicu terjadinya konflik. Masyarakat mengakui hal ini terjadi sebab adanya perasaan saling menghargai dan saling membantu.

Begitu juga dalam perayaan hari besar keagamaan, umat Kristen berperan menjaga keamanan rumah peribadatan agama yang merayakan serta mengadakan silaturahmi dan merayakannya bersama-sama. Begitu juga dengan agama lainnya.

Demikian juga ketika sedang melangsungkan ibadah puasa selama sebulan penuh, umat Kristen tetap dihimbau untuk tidak mendemonstrasikan kegiatan-kegiatan yang bersifat menganggu ibadah. Cara hidup masyarakat Manado,Sulawesi Utara patut dijadikan sebagai barometer keharmonisan antarumat beragama di Indonesia.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Di Pematangsiantar, Sumatera Utara, Gereja dan Masjid Berdiri Berdampingan

Umat Kristen Terus Diburu di Nigeria

Pengidap HIV/AIDS Berikan Kesaksian di Gereja

Terkuak: Perjamuan Kudus Pernah Dilakukan di Bulan

Perkatakan Janji Allah, Mujizat Pasti Terjadi!

Sumber : berbagai sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami