7 Makanan & Minuman Yang Efektif Atasi Nyeri Punggung
Sumber: Google

Gizi & Nutrisi / 22 July 2013

Kalangan Sendiri

7 Makanan & Minuman Yang Efektif Atasi Nyeri Punggung

Puji Astuti Official Writer
67815

Sakit pada punggung menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering dialami saat ini.  Sebuah survei baru-baru ini menyatakan bahwa 80 persen manusia mengalami sakit punggung. Banyak penelitian dilakukan tentang apa yang menjadi penyebabnya, beberapa riset menyimpulkan bahwa ada hubungannya berat badan atau obesitas dengan sakit punggung.

Namun sebagian besar sakit punggung disebabkan oleh  gaya hidup yang tidak sehat seperti kurangnya olahraga dan pola makan yang tidak sehat, terutama dikalangan perempuan. Contohnya adalah kadar kafein dan nikotin  yang tinggi dalam aliran darah  membuat pasokan darah ke otot menurun, berakibat pada peradangan otot kronis, terutama pada bagian punggung.

Saat sakit punggung, kebanyakan orang langsung berpikir untuk mengkonsumsi obat. Pada hal dengan mengkonsumsi nutrisi yang tepat dapat meredakan peradangan otot dan mengurangi sakit .  Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat membantu meringankan sakit punggung :

1. Buah Anggur Merah
Buah anggur merah mengandung resveratrol, senyawa yang menghalangi jaringan mengalami degenerasi. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitia di Rush Univesity Medical Center di Chicago. Resveratrol melindungi tulang rawan dari kerusakan yang menyebabkan nyeri punggung. Selain buahnya, Anda pun bisa mendapatkan manfaat saat anggur sudah menjadi minuman berupa wine.

2. Jahe
Di Indonesia, jahe masuk dalam golongan bumbu dapur, walau demikian para leluhur negeri ini sudah sejak lama memanfaatkan jahe untuk kesehatan, seperti dibuat jamu.  Berdasarkan penelitian di Miami University, ekstrak jahe terbukti dapat menjadi obat penghilang rasa sakit yang efektif. Cukup meminum dua hingga tiga sendok perasan air jahe akan mengurangi rasa nyeri. Anda juga bisa memasukkannya kedalam tumisan sayur dan sup, selain bisa juga dibuat minuman yang menghangatkan tubuh.

3. Kedelai
Kacang kedelai sama bermanfaatnya dengan susu, karena dapat menurunkan resiko mengalami osteoporosis hingga 30 persen atau lebih. Menurut penelitian yang dirilis oleh Oklahoma State University, mengkonsumsi 40 gram kedelai setiap harinya selama tiga bulan dapat mengurangi setengah dari konsumsi obat anti nyeri seorang pasien. Rahasianya ada pada kandungan isoflavones pada kedelai - sebuah hormon anti-peradangan yang alami.

4. Kunyit
Umbi tanaman berwarna kuning ini sudah dikenal oleh bangsa-bangsa di Asia sejak jaman purbakala. Kuliner India, Thailand dan Indonesia sangat akrab dengan bumbu kunyit ini. Ternyata kunyit sangat efektif memerangi rasa sakit rheumatoid arthritis, bahkan khasiatnya sama efektifnya dengan ibuprofen.
Kunyit menghambat protein yang bernama NF-kB, yang menyebabkan imflamasi/peradangan pada tubuh, dan menyebabkan pegal pada sendi. Walau demikian tetap perlu diperhatikan dosis konsumsi yang sesuai, namun jika hanya untuk masak, kunyit sangat aman dikonsumsi.

5. Buah Cherry
Buah merah yang sering kita temui menghias kue tart ini mengandung banyak anthocyanins. Dengan mengkonsumsi 12 ons cherry dua kali sehari selama delapan hari dapat mengurangi rasa sakit secara efektif. Buah cherry segar maupun kalengan memiliki manfaat yang sama.

6. Kopi
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kafein dalam kopi dapat menurunkan rasa nyeri - setidaknya yang berkaitan dengan sakit otot saat olahraga. Menurut Universitas Georgia, dosis menengah kafein - setara dengan dua cangkir kopi - dapat mengurangi rasa sakit setelah olahraga sebesar 50 persen. Namun tidak disarankan untuk mengkonsumsi kopi terlalu banyak, karena dapat berdampak pada jantung.

7. Ikan mengandung omega - 3
Asam lemak omega-3 dalam ikan selain menjaga jantung tetap sehat juga dapat meredakan peradangan otot serta rakit pada punggung, serta membantu memerangi beberapa penyakit autoimun. Dalam sebuah riset, responden yang mengkonsumsi ikan yang mengandung omega-3 selama tiga bulan banyak yang tidak lagi mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit mereka. Jadi bisa dikatakan, ikan sejenis salmon ini merupakan obat anti nyeri yang alami dan tanpa efek samping. Ikan yang mengandung omega-3 adalah salmon, makarel, sarden,ikan trout, tuna, kakap dan juga striped bass. Namun jika Anda mengkonsumsi obat pengencer darah, Anda harus konsultasi dengan dokter Anda dulu sebelum mengkonsumsi ikan-ikan tadi ya.

Baca juga artikel lainnya :

Penyebab Sakit Pinggang

Jadikan Cabut Gigi Sebagai Pilihan Terakhir

Sashimi dan Nyeri

Rio Haryanto Akan Ikuti Balapan GP2 Series di Budapest, Hongaria

Perkatakan Janji Allah, Mujizat Pasti Terjadi!

Sumber : aarp.org
Halaman :
1

Ikuti Kami