Ini Dia Mereka Yang Beresiko Menderita Varises
Sumber: webmd

Serba-Serbi Sehat / 9 July 2013

Kalangan Sendiri

Ini Dia Mereka Yang Beresiko Menderita Varises

Puji Astuti Official Writer
6357

Varises, atau chronic vein insufficiency (CVI)dapat dialami oleh pria maupun wanita. Dampaknya pun bukan sekedar membuat bagian tubuh yang terkena varises menjadi tidak enak dipandang, namun juga bisa membahayakan kesehatan bahkan penderita bisa beresiko mengalami kematian.

Varises merupakan pembuluh darah vena yang mengalami pembesaran, sehingga katup atau klep pada pembuluh darah menjadi rusak. Akibatnya aliran darah tidak dapat mengalir dengan baik, bahkan beresiko mengalami pembekuan yang dapat menyebabkan serangan jantung dan masalah paru-paru. Jadi jangan pandang enteng masalah varises ini ya. Berikut adalah mereka yang beresiko menderita varises :

Memiliki gen penderita varises

Varises dapat diturunkan melalui genetika, jadi coba cek apakah di dalam keluarga besar Anda ada penderita varises? Jika ya, maka Anda perlu lebih hati-hati dan waspada.

Telah berusia 40 tahun ke atas

Walau varises dapat menyerang siapa saja, namun mereka yang berusia 40 tahun ke atas lebih beresiko, kemungkinan disebabkan dengan menurunnya mobilitas seiring dengan bertambahnya usia.

Wanita

Pria pun beresiko menderita varises, namun wanita beresiko dua kali lebih besar dari pria. Namun pria yang merokok dapat juga meningkatkan resiko mereka.

Tinggi

Orang tinggi ternyata lebih beresiko mengalami varises, hal tersebut karena pembuluh darah harus bekerja ekstra keras untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Namun karena gravitasi bumi, aliran ke bawah lebih mudah daripada alirah ke atas.

Penderita obesitas

Penderita obesita lebih beresiko menderita varises karena berat badan mereka memberi tekanan yang besar pada pembuluh darah terutama di kaki yang menopang tubuh. Untuk itu disarankan Anda menjaga berat badan agar tetap ideal.

Pekerja dan traveller

Pekerja yang harus sering berdiri lama ataupun sebaliknya terlalu lama duduk beresiko besar mengalami varises, demikian juga mereka yang sering berpergian. Untuk itu setiap orang harus memperhatikan gaya hidupnya, terutama pola kerja dan bepergian sehingga tidak membahayakan kesehatan.

Apakah Anda sudah mencermati daftar di atas, dan menemukan diri Anda disana? Hati-hati ya, milikilah gaya hidup yang sehat, seperti rutin berolahraga, makan makanan yang sehat dan juga minum air putih yang banyak. Hal tersebut akan membantu Anda menjaga kesehatan secara menyeluruh.

Baca juga artikel lainnya :

Mencegah Dan Mengurangi Timbulnya Varises Di Kaki

Jika Wanita Alami Menopause, Pria Alami Andropause

Pesawat Asiana Jatuh di Bandara San Fransisco, 2 Orang Tewas

Belalang Pindahan

Bagaimana Jika Penghasilan Istri Lebih Besar?

Sumber : Yahoo.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami