Hindari dan Atasi Varises Dengan Makanan Yang Tepat
Sumber: Google

Gizi & Nutrisi / 8 July 2013

Kalangan Sendiri

Hindari dan Atasi Varises Dengan Makanan Yang Tepat

Puji Astuti Official Writer
20929

Pelebaran pembuluh darah yang tampak menonjol pada kulit atau sering disebut dengan varises seringkali disebabkan oleh tekanan yang terlalu besar pada titik tertentu pada tubuh. Walau semua orang bisa terkena varises, namun resiko wanita dua kali lebih besar dari pria. Terlebih faktor kehamilan dan melahirkan menjadi salah satu pemicu munculnya varises.

Namun kabar baiknya, mengatur pola makan yang baik, dan juga berolahraga dan menjaga berat badan dapat mencegah munculnya varises ini. Berikut adalah beberapa tips yang bisa menjadi panduan:

1. Batasi kalori yang dikonsumsi

Konsumsi kalori yang berlebihan dikaitkan dengan varises karena dapat menyebabkan obesitas yang menimbulkan tekanan pada beberapa bagian tubuh dimana pembuluh darah vena berada. Untuk itu mengurangi kalori, baik dengan mengurani jumlah asupan ataupun melalui olahraga dapat menghindarkan seseorang dari resiko varises.

2. Makan banyak makanan yang mengandung vitamin C

Jika Anda sudah terkena varises, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C dan E. Vitamin C dibutuhkan untuk pembentukan kolagen  dan elastin, dua jaringan penting yang menjaga pembuluh darah agar tetap kuat dan kencang. Vitamin C juga dikenal dapat  meningkatkan sirkulasi darah, selain itu dampak vitamin C diyakini akan semakin besar ketika dikonsumsi bersama vitamin E.

3. Konsumsi makanan kaya serat

Makanan kaya serat dapat memperlancar usus saat melakukan pencernaan dan mencegah seseorang mengalami sembelit. Sembelit dapat memberi tekanan kepada jaringan darah yang pada akhinya berkontribsi pada varises. Sumber makanan kaya setat yang mudah larut dan mudah dicerna antara lain adalah : biji rami, kacang polong,buncis, apel, wortel, barley, buah dan spyllium.

4. Minum Air yang Cukup

Jika Anda makan makanan yang berserat jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih  yang cukup. Karena jika tidak, dampaknya bisa berlawanan seperti meningkatkan tekanan pada pembuluh darah. Untuk itu dianjurkan untuk menghindari alkohol, kopi, dan teh pada saat diet ini, karena zat yang terkandung dalam tiga minuman tersebut dapat menimbulkan efek dehidrasi.

5. Konsumsi makanan yang mengandung Bioflavonoid

Bioflavonoid atau flavonoid adalah senyawa yang terbentuk secara alami pada tanaman. Senyawa ini terdapat pada buah dan sayuran dengan warna cerah, dan membuat mereka terlindung dari mikroba dan serangga. Flavonoid dipercaya dapat memperkuat dinding pembuluh darah.

Informasi ini adalah sebagai saran, namun Anda harus tetap berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi masalah varises Anda, karena jika tidak ditangani dengan benar dapat berbahaya. Untuk itu pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum membuat keputusan  melakukan sesuatu. Sehat selalu untuk Anda.

Baca juga artikel lainnya :

Mencegah Dan Mengurangi Timbulnya Varises Di Kaki

Jika Wanita Alami Menopause, Pria Alami Andropause

Pesawat Asiana Jatuh di Bandara San Fransisco, 2 Orang Tewas

Belalang Pindahan

Bagaimana Jika Penghasilan Istri Lebih Besar?

Sumber : healwithfood.org | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami