Pesawat Asiana Jatuh di Bandara San Fransisco, 2 Orang Tewas
Sumber: Reuters

Nasional / 7 July 2013

Kalangan Sendiri

Pesawat Asiana Jatuh di Bandara San Fransisco, 2 Orang Tewas

Puji Astuti Official Writer
4726

Sebuah pesawat Boeing 777 dari maskapai penerbangan Asiana Airlines milik Korea Selatan jatuh di bandar udara San Fransisco. Pesawat yang telah terbang selama 10 jam dari Seoul, Korea Selatan tersebut jatuh saat akan mendarat pada Minggu (7/7) sekitar pukul 11.30 pagi waktu setempat.

Berdasarkan berita yang diilis oleh oleh BBC, dalam pesawat ini ada 291 penumpang dan 16 awak kabin. Saat ini 10 orang dari penumpang dalam keadaan kritis, sedangkan 180 orang lainnya dirawat dengan luka ringan.

Dua orang korban tewas diidentifikasi sebagai dua orang remaja berkewarganegaraan China.  Kedua remaja ini duduk di bagian belakang pesawat.

Salah satu perhatian utama dari kejadian ini adalah korban yang hanya dua orang dari kecelakaan yang cukup fatal tersebut. Dengan arahan yang baik dari awak kabin, hampir semua penumpang berhasil keluar dari pesawat. Pesawat Boeing 777 ini dirancang agar penumpang dapat keluar dari pesawat dalam waktu 90 detik, bahkan jika tidak semua pintu bisa dibuka.

Yang memprihatinkan, banyak penumpang masih kurang memperhatikan arahan dalam kondisi darurat. Dalam foto tampak beberapa penumpang masih enggan meninggalkan barang bawannnya, seperti tas atau bahkan koper yang dapat memperlambat evakuasi dan membahayakan diri mereka sendiri dan juga orang lain. Pelajaran penting dari kejadian ini adalah sebagai penumpang harus mentaati arahan awak kabin dalam upaya penyelamatan untuk meminimalisir korban.

Sumber : BBC | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami