Baca dan Tulis, Cara Rawat Otak untuk Hari Tua

Nasional / 7 July 2013

Kalangan Sendiri

Baca dan Tulis, Cara Rawat Otak untuk Hari Tua

Yenny Kartika Official Writer
2393

Anda masih muda dan bermimpi punya otak yang tetap cemerlang di usia tua? Banyak-banyaklah membaca dan menulis! Pasalnya, penelitian terbaru yang dirilis dalam jurnal Neurology menyatakan bahwa dua aktivitas ini, bila dilakukan pada usia berapapun, dapat menjaga kesehatan otak hingga hari tua.

“Penelitian terhadap jaringan otak menunjukkan hasil sebagaimana yang dikatakan dalam sebuah teori, yaitu bahwa aktivitas mental mampu meningkatkan kemampuan kognitif, sehingga otak terhindar dari kerusakan seperti penyakit Alzheimer,” kata Dr. Simon Ridley, kepala penelitian di Alzheimer’s Research, Inggris, seperti dikutip Daily Mail.

Penelitian juga menunjukkan, aktivitas seperti fotografi, menulis surat atau email, atau sekadar memecahkan persoalan kehidupan sehari-hari, dapat membantu meningkatkan kemampuan otak.

“Berdasarkan penelitian kami, melatih otak dengan cara-cara tersebut di sepanjang usia, baik di masa kanak-kanak hingga tua, adalah hal penting bagi kesehatan otak di usia lanjut,” kata kepala penulis penelitian, Robert Wilson, dari Rush University Medical Centre, Chicago, AS.

Mempergunakan otak untuk tujuan yang bermanfaat adalah salah satu tanda syukur kita kepada Tuhan. Buatlah otak Anda produktif dan aktif, karena dengan demikian Anda sedang memuliakan Tuhan. (“…muliakanlah Allah dengan tubuhmu”, [kitab]iKori6:20[/kitab])

 

BACA JUGA:

Mengenal Penyakit Pikun, Alzheimer

Penderita Alzheimer Dapat Pertajam Daya Ingat dengan Ini

Ternyata Seks Maksimalkan Kerja Otak

Pornografi Rusak Otak Remaja dan Anak-anak

2 Keuntungan Berteman dengan Mantan Pacar

Menyerah Bukan Gaya Hidup Orang Sukses

Sumber : CBN.com | YK
Halaman :
1

Ikuti Kami