Komentar Pedagang Atas Harga Cabai Yang Melambung Tinggi
Sumber: rimanews.com

Nasional / 7 July 2013

Kalangan Sendiri

Komentar Pedagang Atas Harga Cabai Yang Melambung Tinggi

Lori Official Writer
3167

Harga cabai diberbagai daerah di Indonesia melambung tinggi jelang bulan puasa dan Lebaran. Harga cabai mencapai Rp 70.000 – Rp 80.000 yang dianggap sebagai harga tertinggi dalam beberapa pekan terakhir.

Ketidakstabilan harga menyebabkan perbedaan harga cabai disejumlah wilayah di Indonesia. Selain itu, keterbatasan pasokan cabai pun turut menjadi alasan kenaikan tersebut. Kondisi ini sudah mulai terjadi sejak pekan lalu. Berikut beberapa kondisi harga cabai di Sumatera dan Jawa, seperti yang dilaporkan diberbagai media.

Sumatera

Di Riau, harga cabai merah sudah mencapai Rp 72.000/kg sebab dipasok dari Sumatra Utara. Cabai yang biasanya dipasok dari Sumatera Barat dalam beberapa hari ini sulit diperoleh sehingga pedagang memasok dari Sumatera Utara yang menyebabkan melonjaknya harga. Sementara di Bandar Lampung harganya mencapai kisaran Rp70.000/kg. Pedagang mengatakan bahwa sejak kenaikan BBM bulan lalu harga berbagai kebutuhan terus naik dan akan melonjak hingga lebaran.

Jawa

Di daerah Pacitan, Jawa Timur harga cabai sejak Kamis (4/7) mencapai Rp 20.000/kg dan tembus hingga Rp 60.000/kg hingga saat ini Minggu(7/7). Sejumlah pedagang mengatakan bahwa kenaikan ini dipicu oleh kenaikan BBM bersubsidi dan meningkatnya permintaan pasar jelang puasa Ramadhan.

Di Karawang, Jawa Barat menembus harga Rp 45.000/kg. Pedagang mengeluh sebab berdampak pada berkurangnya jumlah pembelian pelanggan. Sedang di Yogyakarta, harga tetap melonjak signifikan berkisar dari Rp30.000-Rp40.000/kg. Pasokan cabai di daerah ini langka sebab petani baru akan mulai panen pada Mei 2013 mendatang.

Para pedagang mengeluhkan kondisi kenaikan ini sebab berdampak pada permintaan pembelian konsumen. Perihal kenaikan ini lebih didasarkan pada momentum bulan puasa yang akan berlangsung.


Baca Juga:

Homoseks & Lesbian, Topik Terhangat yang Dicurhatkan Masyarakat

Pria, 92, Nikahi Wanita yang 70 Tahun Lebih Muda Darinya

Megawati Lebih Memilih Sidharto Sebagai Ketua MPR

Maju Capres, Jokowi Tunggu Keputusan Megawati

I'm Stars, Menggugah Sanubari Untuk Menerima Penyandang Autis

Sumber : Antaranews.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami