Cara Menjaga Organ Intim Pria dan Wanita
Sumber: google.com

Fit & Charming / 5 July 2013

Kalangan Sendiri

Cara Menjaga Organ Intim Pria dan Wanita

Lois Official Writer
26742

Meskipun tahu bahwa organ reproduksi dan organ intim lainnya penting, namun seringkali manusia, baik pria ataupun wanita, tidak memperhatikan kebersihan / kesehatan area tersebut. Karena itu, sebelum terlambat, ada baiknya kita menjaga organ intim dengan sungguh-sungguh. Ini dia beberapa tips yang dapat dilakukan untuk pria maupun wanita dalam menjaga organ intimnya yaitu :

Wanita

Menurut dr. Inneke Sirowanto, SpOG, spesialis kebidanan & kandungan, banyak masalah yang dapat mengganggu kesehatan organ reproduksi wanita seperti infeksi yang disebabkan oleh jamur, virus, atau bakteri, yang dapat menyebabkan radang panggul atau ada kelainan pada struktur organ reproduksi wanita. “Kista, mium adalah penyakit yang bisa saja timbul karena adanya infeksi. Oleh karena itu, pencegahan dengan melakukan pemeriksaan secara teratur seperti USG atau HSG akan sangat baik dilakukan. Selain itu, menjaga kebersihan organ reproduksi juga sangat penting,” ujarnya.

Berikut ini cara menjaga vagina Anda seperti dikutip dari Buku Pintar Miss V, Cara Cerdas Merawat Organ Intim Wanita karya Fani Burhani :

-         Basuh dengan air bersih bagian di antara vulva (bagian bibir vagina) secara hati-hati dengan menggunakan air bersih setelah buang air kecil atau besar.

-         Saat membersihkan vagina, bersihkan dengan sempurna. Lakukan dari depan ke belakang. Hal ini untuk menghindari bakteri di sekitar anus terbawa masuk ke vagina. Lalu keringkan dengan handuk atau tisu non parfum.

-         Jaga kebersihan daerah kewanitaan Anda dengan mengganti pakaian dalam minimal dua kali sehari sehabis mandi

-         Jika dirasa ada kelembapan berlebih, gunakan panty liners atau pembalut tipis

-         Saat menstruasi, gunakan pembalut yang menyerap cairan dengan baik dan lembut. Hindari penggunaan pembalut yang mengandung parfum atau gel. Jangan lupa ganti pembalut tiga sampai empat kali sehari.

-         Selalu cuci tangan sebelum menyentuh vagina.

-         Gunakan celana dalam katun karena dapat menyerap cairan lebih cepat.

-         Cukur rambut pada vagina secara berkala untuk mengurangi kelembapan yang berlebih.

Pria

Dalam membersihkan organ intim, hal yang patut diingat adalah organ intim merupakan organ sensitif karena itu jangan menggosok bagian tersebut dengan sabun atau disinfektan yang keras untuk tetap bersih.

-         Cuci Mr P sehabis buang air sangatlah penting untuk menghindari terjadinya ISR.

-         Cuci dengan air hangat dan jika perlu gunakanlah sabun ringan atau sabun pembersih (seperti sorbolene atau krim gliserin)

-         Bagi pria yang tidak disunat, Anda harus menggeser kulup kembali dan mencuci kepala penis hanya dengan air hangat, bukan sabun. Kemudian pastikan untuk mengeringkan daerah tersebut dengan baik.

-         Jangan terlalu jarang atau terlalu sering membersihkan daerah intim Anda karena dikaitkan dengan balantis (peradangan pada penis atau kepala penis).

-         Kurangi pemakaian celana ketat karena dapat menyebabkan permukaan organ reproduksi mudah berkeringat dan membuat fungsi organ seksual menjadi tidak maksimal.

Setelah kita tahu bagaimana cara yang benar untuk mencuci organ intim, maka mulailah dijaga agar tidak terhindar dari semua penyakit yang bersangkutan dengan organ reproduksi kita karena bagian yang penting bagi kita dan kelangsungan manusia.

Sumber : okezone.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami