5 Alasan Mengapa Spanyol Tak Boleh Remehkan Italia
Sumber: calciopress.net

Nasional / 27 June 2013

Kalangan Sendiri

5 Alasan Mengapa Spanyol Tak Boleh Remehkan Italia

andreas rumata simanjuntak Official Writer
2991

Meskipun beberapa pihak menganggap Spanyol layak memenangi pertarungan yang akan berlangsung di Stadion Forteleza, Brazil Jumat (28/6) dinihari nanti, Italia tentunya tidak boleh dianggap remeh. Menurut catatan jawaban.com, Gli Azzuri memiliki beberapa alasan membalikkan prediksi banyak pengamat sepak bola. Berikut alasan-alasannya :

1. Memiliki Buffon dan Pirlo

Italia boleh berbangga lantaran mereka memiliki salah satu penjaga gawang terbaik dunia, Gianlugi Buffon. Kiper ini telah melakukan penyelamatan sebanyak 20 kali selama penyelenggaraan Piala Konfederasi 2013. Bedasarkan statistik, jumlah tersebut melebihi apa yang dilakukan penjaga gawang lainnya.

Selain Buffon, Italia punya Pirlo. Pemain Juventus ini layak ditakuti di sektor tengah lapangan karena visi bermain dan umpan-umpan akuratnya selalu dapat merepotkan para pemain tim lawan.

2. Misi balas dendam

Walaupun sang pelatih Italia, Prandelli mengaku tidak memiliki misi balas dendam, Italia dipercaya akan berusaha mati-matian untuk tidak mengulangi kekalahannya di final Piala Eropa tahun lalu. Del Bosque sebagai pelatih Spanyol bahkan menyatakan inilah penyebab utama Spanyol tidak boleh remehkan Italia.

3. Pemain Italia relatif bugar

Selepas mengalahkan Jepang, Italia telah melewati beberapa hari istirahat. Sementara skuad Spanyol diperkirakan tidak akan 100 persen fit mengingat beberapa pemainnya tampak kehilangan ritme saat bertanding melawan Nigeria Senin (24/6) lalu akibat kelelahan.

4. Mampu main lepas

Italia yang diposisikan sebagai tim Under Dog dipastikan bermain lepas. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan Chiellini dkk mengingat Spanyol memiliki tekanan lebih akibat target tinggi yang dipatok federasi maupun para fansnya.

5. Menguasai Catenacio

Italia yang diasuh oleh Cesare Prandelli memang mengedepankan penguasaan bola atau ball possesion. Namun kekalahan 0-4 dari Spanyol di final Euro 2012 tampaknya akan menjadi pelajaran berharga untuk Italia agar memanfaatkan strategi bertahan dan serangan baliknya (Catenacio) yang menjadi identitas mereka sejak dulu. Beberapa pengamat meyakini inilah yang bakal menjadi senjata rahasia Italia menghadapi laga semifinal ini.

Berdasarkan uraian di atas, maka bukan berlebihan jika laga Spanyol vs Italia sulit diprediksi siapa pemenangnya. Namun bisa dipastikan, tim yang bakal melangkah ke final adalah tim yang mempersiapkan diri dengan baik dan mampu memaksimalkan semua kekuatan mereka.


Baca Juga :

Piala Semifinal Konfederasi 2013: Prediksi Spanyol vs Italia

Cristiano Ronaldo Donasikan 100 Ribu Euro

Piala Konfederasi 2013 : Prediksi Spanyol vs Nigeria

Piala Konfederasi 2013 : Prediksi Brazil vs Italia

Sumber : berbagai sumber / andre
Halaman :
1

Ikuti Kami