Jelang Puasa, Daging Limbah Pun Beredar di Pasaran
Sumber: shutterstock

Nasional / 25 June 2013

Kalangan Sendiri

Jelang Puasa, Daging Limbah Pun Beredar di Pasaran

Lois Official Writer
4251

Hati-hati saat menjelang puasa seperti ini, terutama ketika harga daging makin meningkat. Hal ini membuat sejumlah pengusaha warung makan atau restoran membeli daging sisa dari pasar swalayan besar karena memang sangat murah, bisa 50 persen atau bahkan hanya 20 persen dari harga normal. Jika harga daging segar mencapai Rp 95 ribu, bahkan ada yang Rp 100 ribu / kg, harga daging limbah hanya Rp 43.675/kg. Ada juga yang harganya hanya Rp 11.300/kg.

Hasil penelusuran Warta Kota, dari sejumlah pasar swalayan besar terkenal, ada satu yang karyawannya mengaku menjual daging sisa. Setiap cabang pasar swalayan besar menjual daging sisa dengan harga berbeda dan bentuk berbeda pula. Penentuan harga bergantung pada staf di bagian daging.

Yang dimaksud daging limbah adalah daging yang dianggap tidak layak setelah tiga – empat hari dipajang. Setelah itu, daging ditarik dari display dan dimasukkan ke mesin pendingin minus 20 derajat celcius. Setelah berada di mesin pendingin selama 1-3 minggu, baru daging-daging tersebut dibeli pengusaha rumah makan, warung makan, atau pembuat makanan.

“Pengusaha restoran mengambil daging sisa yang sudah kami olah menjadi daging giling. Kemudian, daging giling sisa itu menjadi campuran perkedel,” ujar staf bagian daging salah satu pasar swalayan daerah Tanah Abang yang tidak disebutkan namanya. Di salah satu pasar swalayan besar di Gambir, karyawannya ada yang mengaku telah menjual daging sisa kepada pedagang bakso dan rumah makan.

YKLI pun mendesak BPOM giat melakukan operasi pasar karena hal ini. “Menjelang puasa, saya kira Badan POM, Dinas Kesehatan, dan dinas-dinas terkait harus aktif melakukan operasi pasar. Maksudnya, melakukan sidak atau inspeksi mendadak sampling bahan makanan di supermarket dan pasar-pasar yang biasanya sering dipalsukan atau dipasarkan kembali walau sudah expired,” kata Tulus Abadi, anggota pengurus harian YLKI. Untuk itu, waspadalah jika hendak membeli daging yang sudah diolah di restoran. Belilah daging / masakan daging di tempat yang memang dapat dipercaya.

 

Baca juga :

Resep Unik, Lumpia Tape Coklat

Apa Sebabnya Orang Mengalami Hidup Kekurangan?

4 Pola Pengasuhan Anak yang Sering Dijumpai

22 Cara Agar Insomnia Bisa Tersingkir

Memberi Bagi Bangsa, Bisa Lewat Media Lho

Sumber : kompas.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami