Piala Konfederasi 2013 : Italia Atasi Jepang 4-3
Sumber: Jawaban.com

Nasional / 20 June 2013

Kalangan Sendiri

Piala Konfederasi 2013 : Italia Atasi Jepang 4-3

daniel.tanamal Official Writer
2588

Stadion Arena Pernambuco, Recife, pada Rabu atau Kamis (20/6/2013) pagi hari WIB tadi menjadi saksi kehebatan jawara Asia, Jepang dalam meladeni juara empat kali Piala Dunia Italia dalam laga kedua penyisihan Grup A Piala Konfederasi 2013. Meski kalah 4-3, Jepang memberikan pelajaran berharga untuk Gli Azzuri.

Jepang tampil cukup rapi pada babak pertama, inisiatif serangan berhasil mereka jalankan dengan baik. Terbukti dengan beberapa peluang yang didapat oleh Ryoichi Maeda, Yasuhito Endo dan bomber muda Manchester United Shinji Kagawa yang mengancam jala Gianluigi Buffon. Baru pada menit ke-20 Jepang memecah kebuntuan dengan mencetak gol melalui titik penalti yang dieksekusi Keisuke Honda. 1-0 Jepang memimpin.

Dominasi Jepang dibabak pertama berlanjut hingga membuat pemain Italia sedikit terpaku oleh permainan mereka. Bahkan Kagawa menggandakan keunggulan di menit ke-33 usai kemelut didepan gawang dan kesalahan Giorgio Chiellini dalam membuang bola, dimanfaatkannya dengan tendangan memutar yang menghujam jala Buffon. Italia sendiri dapat mencuri gol melalui sundulan Daniele De Rossi memanfaatkan sepak pojok Pirlo. Skor 2-1 bertahan hingga turun minum.

Baru di babak kedua, Gli Azzuri menunjukan kelasnya dalam mendominasi pertandingan. Dua gol berhasil mereka cetak dalam jangak waktu tujuh menit saja, masing-masing lewat gol bunuh diri Atsuto Uchida menit ke-50, penalti Balotelli menit ke-52. Unggul 3-2, Jepang justru berhasil menyamakan kedudukan 3-3 usai  tandukan Shinji Okazaki, memanfaatkan umpan akurat Endo kembali menghujam jala Buffon menit ke-69.

Menjelang akhir pertandingan kedua tim semakin bermain terbuka dengan serangan-serangan yang cukup berbahaya. Beberapa kali Jepang mendapat peluang emas yang gagal dikonversikan menjadi gol. Italia sendiri akhirnya mengakhiri perjuangan berkelas Jepang melalui gol Sebastian Giovinco pada menit ke-86. Hingga peluit akhir dibunyikan skor tidak berubah, 4-3 untuk kemenangan Italia.

Hasil ini membuat Italia lolos ke semifinal dengan poin 6 dan Jepang harus tersingkir meski masih menyisakan satu partai menghadapi Meksiko yang juga kalah sebelumnya dari Brazil.
 

Susunan pemain
Italia:
1-Buffon; 2-Maggio (Abate 59), 15-Andrea Barzagli, 3-Chiellini, 5-De Sciglio; 16-De Rossi, 21-Pirlo, 18-Montolivo; 22-Giaccherini (Marchisio 68), 70-Aquilani (Giovinco 30); 9-Balotelli

Japan: 1-Kawashima; 6-Uchida (Sakai 73), 22-Yoshida, 15-Konno, 5-Nagatomo; 17-Hasebe, 7-Endo; 9-Okazaki, 4-Honda, 10-Kagawa; 18- Maeda

 

 


Sumber : Jawaban.com | Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami