Paus Fransiskus dan Uskup Anglikan Sepakat Saling Mendoakan

Paus Fransiskus dan Uskup Anglikan Sepakat Saling Mendoakan

Puji Astuti Official Writer
6034

Kunjungan Uskup Anglikan Justin Welby ke Vatikan pada Jumat (14/6) lalu merupakan kunjungan resmi pertamanya ke pusat pemerintahan gereja Katolik Roma. Kunjungan ini menjadi sangat bersejarah karena pertemuannya dengan Paus Fransiskus ini dipandang dapat menjadi jalan untuk meredakan ketegangan antara kedua gereja yang telah berlangsung cukup lama.

Yang unik, Uskup Welby ditasbihkan menjabat pada 21 Maret hanya beberapa hari setelah Paus Fransiskus, yaitu 19 Maret.

"Karena kamu mulai pelayanan kami masing-masing hanya berbeda beberapa hari, saya pikir kami akan selalu memiliki alasan untuk saling mendukung dalam doa," ungkap Paus Fransiskus.

Menyetujui pendapat Paus Fransiskus tersebut, Uskup Welby mengatakan, "Saya berdoa dekatnya waktu dua pelatikan kami dapat menjadi jalan rekonsiliasi bagi dunia dan gereja."

Kedua pemimpin gereja ini menghabiskan waktu selama tiga puluh menit berbincang secara pribadi, lalu memberikan pidato bersama, bertukar hadiah bersama dan berdoa bersama di Kapel Redemptoris Mater bersama 100 umat Katolik dan Anglikan.

Paus Fransiskus berterima kasih atas upaya gereja Anglikan untuk membangun kembali hubungan baik kedua gereja tersebut yang pada masa kepemimpinan Paus Benediktus sempat memanas karena beberapa isu seperti pentasbihan pendeta perempuan, pentasbihan pendeta homoseksual dan juga adanya permintaan beberapa gereja Anglikan untuk bergabung dengan keuskupan Katolik saat terjadi perpecahan dalam tubuh Anglikan.

Sekalipun ada banyak perbedaan dan tantangan, Paus Fransiskus menyatakan bahwa Katolik dan Anglikan memiliki kewajiban untuk bekerja sama untuk mewujudkan kesatuan yang Kristus rindukan untuk memberitakan Injil dan mempertahankan nilai-nilai Kristen serta melayani maysarakat miskin.

Uskup Welby sendiri dikenal cukup vokal menetang pernikahan sesama jenis, dan memiliki pemikiran serupa dengan paus tentang perekonomian dan juga memperjuangkan masyarakat lemah.

Baca juga artikel lainnya :

Pastor Minta Paus Francis Tingkatkan Jumlah Imam Pengusir Setan

Inovasi Vatikan Terbaru, Aplikasi Mobile MISSIO App

Sudah Siap Menjadi Seorang Ayah? Ini Tipsnya

Merry Riana : Jelilah Dalam Melihat Kesempatan

Sumber : Catholicnews.com | Puji Astuti

Ikuti Kami