Masyarakat Masih Pandang Sebelah Mata Kanker Serviks
Sumber: havoi.com

Psikologi / 15 June 2013

Kalangan Sendiri

Masyarakat Masih Pandang Sebelah Mata Kanker Serviks

daniel.tanamal Official Writer
4320

Hingga saat ini masih banyak masyarakat yang memandang sebelah mata terhadap kanker leher rahim atau kanker serviks. Fakta itu terlihat dari tingginya kematian penderita kanker leher rahim yang disebabkan terlambatnya pengobatan pada penderita.

Hal ini dipaparkan oleh dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan RS Kasih Ibu Solo, Ira Syahriarti yang menyatakan dalam perkembangan teknologi di bidang kesehatan, ada cara untuk mendeteksi dini kanker serviks ini

“Lebih dari 70 persen sudah berada pada stadium lanjut ketika datang ke rumah sakit. Sudah timbul kelainan pada leher rahim yang dapat dideteksi dengan relatif mudah, kelainan ini disebut lesi prakanker,” katanya dalam seminar kesehatan di Solo, Sabtu (1/6/2013).

Menurutnya, jika lesi prakanker ini ditemukan secara dini maka nyawa penderita dapat segera disembuhkan dengan prosentase 100 persen jika segera ditangani. Untuk itu, wanita disarankan sedini mungkin untuk cek pap smear, yakni pemeriksaan pendeteksi kelainan sel-sel di mulut kanker.

Metode tes ini dengan cara pemeriksaan sel-sel yang diambil dari apusan mulut rahim dan kemudian diperiksa dengan mikroskop untuk melihat perubahan-perubahan yang terjadi dari sel tersebut.

 


Sumber : Solopos
Halaman :
1

Ikuti Kami