Tips Menghindari Pertengkaran Di antara Pasangan

Single / 12 June 2013

Kalangan Sendiri

Tips Menghindari Pertengkaran Di antara Pasangan

eva Official Writer
10711

Konflik dan pertengkaran telah menjadi bagian dari suatu hubungan yang normal. Konflik ada untuk menguji cinta/kasih yang dimiliki oleh masing-masing pasangan ataupun hubungan antara teman ataupun anggota keluarga lain. Rasa ketidaksetujuan ada untuk menguji kemampuan di antara pasangan untuk berkompromi. Namun pertengkaran dan ketidaksetujuan yang terlalu sering sebenarnya dapat menghancurkan suatu hubungan. Pasangan yang belum atau sudah menikah seharusnya lebih banyak menghabiskan waktu untuk saling mencintai/berdamai daripada bertengkar. Oleh karena itu, masing-masing pasangan hendaknya dapat mengendalikan emosi mereka sehingga pertengkaran tidak harus terjadi.

Berikut ini adalah langkah/tips untuk menghindari pertengkaran:

# Pertimbangkan konsekuensi dari setiap tindakan Anda sebelum Anda melakukannya. Bahkan sebelum Anda bertindak, Anda harus memikirkannya terlebih dahulu. Jika Anda tahu bahwa tindakan Anda dapat membuat pasangan Anda marah atau sedih, maka Anda jangan melakukannya.

# Hindari kata-kata yang menyakitkan terhadap pasangan Anda. Kata-kata yang menyakitkan dapat menyebabkan perasaan pasangan Anda terluka dan hindari kata-kata yang menyalahkan ataupun negatif (seperti menuduh ataupun mendikte).

# Mundur. Ketika Anda merasa bahwa pertengkaran Anda semakin memburuk, cobalah untuk tenang dengan cara diam. Tenangkan diri Anda sebelum Anda berhadapan dengan pasangan Anda.

# Minta maaf. Dengan mengatakan ‘maaf’ maka akan dapat mengurangi tingkat emosional diantara kedua pasangan. Bahkan jika hal tersebut bukan kesalahan Anda, belajarlah untuk merendahkan gengsi Anda dan mengatakan ‘maaf’. Hal ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menunjukkan bahwa Anda peduli dengan nasib hubungan Anda.

# Datangi pasangan Anda dan berikan pelukan hangat atau ciuman kasih kepadanya. Kontak fisik secara intim dapat membantu menenangkan diri kita.

 Ketika Anda sedang perang argumen atau bertengkar dengan pasangan Anda, Anda jangan pernah berfokus atau berpikir untuk memenangkan pertengkaran tersebut. Lakukan tips ini di saat setiap kali Anda bertengkar dengan pasangan Anda. Tanamkan di pikiran Anda bahwa Anda tidak selalu benar dan apa yang Anda pikirkan tidak selalu benar. Kuncinya adalah mau berkompromi. 

Sumber : berbagai sumber/Eva
Halaman :
1

Ikuti Kami