Tips Menjadi Seorang Paman yang Dikagumi Keponakan
Sumber: commons.wikimedia.org

Single / 8 June 2013

Kalangan Sendiri

Tips Menjadi Seorang Paman yang Dikagumi Keponakan

Budhi Marpaung Official Writer
16904

Sejumlah psikolog menuliskan atau bahkan mengatakan kepada kita bahwa salah satu faktor yang paling penting dalam kebahagiaan adalah jumlah kualitas hubungan dalam kehidupan kita. Beberapa dekade yang lalu, hubungan seperti itu memang mudah didapat. Anda sangat mungkin dikelilingi oleh keluarga yang semua berkumpul dalam rangka sebuah perayaan. Saat Anda tumbuh, Anda harus tahu sepupu Anda, dan bibi dan paman Anda juga.

Hari-hari ini, banyak keluarga tinggal jauh terpisah, dan reuni keluarga sedikit sekali terjadi. Tapi semua orang masih ingin merasa menjadi bagian dari klan, dan ikatan keluarga sama pentingnya dengan mereka yang pernah ada.

Dalam peranan sebagai paman, Anda memiliki kesempatan untuk memperkuat relasi lewat cara yang positif dengan keponakan-keponakan Anda.

Berikut cara agar menjadi seorang paman yang dikagumi keponakan-keponakan Anda :  

Berinteraksi dengan mereka. Ambillah waktu untuk berbicara dan bermain-main dengan keponakan-keponakan Anda. Tanyakan kepada mereka apa yang telah terjadi dalam hidup mereka. Jika Anda bingung mencari subyek pembicaraan, cobalah tanyakan apa yang mereka sukai dari sekolah, apa yang mereka ingin dapatkan saat Natal, dll. Anak-anak pada dasarnya tidak perlu hadiah yang begitu mewah dari kita karena yang mereka inginkan sebenarnya apakah paman sungguh-sungguh tertarik padaku. Plus, anak-anak ingin bermain lebih banyak daripada mengobrol, jadi pergi ke sana dan bermain bersama mereka.

Tawarkan untuk mengasuh jika Anda tinggal di dekatnya. Jika Anda tinggal dekat dengan keponakan-keponakan dan memiliki waktu yang kosong, tawarkan diri untuk mengasuh atau menjaga keponakan Anda beberapa jam. Saudara Anda biasanya akan menghargainya.

Ketika bersama keponakan-keponakan, tunjukkan pada mereka bagaimana melakukan dan membuat hal-hal rapi, perkenalkan mereka pada film kartun favorit anak Anda, dan jika bisa pukau mereka dengan trik sulap.

Lakukan hal menyenangkan dengan mereka. Jika memiliki kesempatan berjumpa dengan keponakan-keponakan, lakukan hal-hal yang menyenangkan dengan mereka. Bermain petak umpet atau kuda-kudaan adalah hal sederhana yang bisa mengembangkan senyum anak-anak.

Kirimkan kartu ulang tahun yang menarik. Meski mungkin keponakan-keponakan Anda belum bisa membaca karena masih kecil. Mereka pasti akan senang begitu melihat kartu ulang tahun yang menarik mata mereka dari Anda. Kalau pun mereka ingin membacakan tulisan dari kartu ucapan Anda, mereka akan meminta Anda atau orangtua mereka untuk membacakannya.

Ingat kejadian penting. Semua orang akan senang jika peristiwa penting dalam kehidupannya diingat. Mereka bakal senang mendapatkan kejutan dari orang-orang sekitarnya, khususnya dari keluarga maupun keluarga besar mereka.

Bawa hadiah kecil setiap kali Anda melihat mereka. Melakukan hal ini terkadang masih pro dan kontra bagi sejumlah orangtua. Alasan saudara-saudara ipar kita sederhana karena mereka tidak ingin memanjakan anak-anak mereka dan berharap mendapat hadiha dari kita. Satu sisi hal ini benar, tetapi di sisi lain cobalah lihat sisi positifnya. Dengan membawa hadiah kecil, keponakan-keponakan akan menganggap Anda sebagai paman yang baik dan mereka jadinya tidak akan takut bermain-main dengan Anda.  

Memberikan nasihat pada saat yang tepat. Jika Anda tahu keponakan-keponakan Anda mengalami masalah dalam hidup mereka, dekatilah dan berikan beberapa saran yang melegakan diri mereka. Anda akan terkejut mengetahui bahwa pendapat Anda bisa banyak membantu menyelesaikan persoalan mereka.

Jadilah contoh yang baik. Keponakan-keponakan Anda mungkin berpikir Anda salah satu pria yang paling keren yang pernah mereka lihat dalam kehidupan. Oleh sebab itu, jadilah model laki-laki positif bagi mereka. Tunjukkan pada mereka bagaimana orang yang baik berperilaku dan nyaman terhadap dirinya sendiri. Jangan lakukan sesuatu yang akan mengecewakan mereka. Sebagai paman, kita juga memiliki kekuatan besar membentuk identitas keponakan kita.  

Saya akan menutup artikel ini dengan kata-kata bijak berikut : Menjadi seorang paman yang dikagumi keponakan-keponakan adalah langkah awal yang baik sebelum Anda menjadi seorang ayah yang dikagumi anak-anak Anda di kemudian hari.


Baca juga :

Perlengkapan Ekstra Menyambut si Bayi

Sudah Siap Menjadi Ayah ? Ini Tipsnya 

Thread Forum JC : Mantan itu Nggak Penting Untuk Diingat   

Kisah Nyata Evalia Novita, Wanita yang Dikejar-Kejar Utang

Paris Jackson Lakukan Aksi Percobaan Bunuh Diri

Sumber : artofmanliness.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami