Data Sambungan Ponsel Dicatat NSA, Warga AS Terancam Kehilangan Privasi

Data Sambungan Ponsel Dicatat NSA, Warga AS Terancam Kehilangan Privasi

Yenny Kartika Official Writer
3508

Badan Keamanan Nasional (National Security Agency atau NSA) sedang mengumpulkan catatan komunikasi ponsel dari jutaan pengguna Verizon, salah satu penyedia layanan terbesar di Amerika Serikat. Kabar ini terkuak dari sebuah putusan pengadilan rahasia yang diterbitkan April lalu.

Seperti dilansir Guardian, Hakim Roger Vinson telah menandatangani putusan untuk mengumpulkan catatan panggilan keluar-masuk para pengguna Verizon setiap harinya dan datanya diberikan kepada NSA. Sambungan telepon yang dicatat adalah yang berlangsung di dalam AS dan antara AS dengan negara lainnya. Data yang diambil meliputi lokasi sambungan, durasi telepon, identifikasi unik, dan waktu berlangsungnya sambungan; tidak termasuk isi pembicaraan.

Pemerintah AS mendapatkan otoritas tak terbatas untuk memperoleh data tersebut sampai dengan 19 Juli 2013. Pada 25 April lalu, badan rahasia Foreign Intelligence Surveillance Court atau Fisa telah memberikan wewenang kepada FBI.

Pengumpulan data telepon jutaan warga AS dalam jumlah besar dan tanpa pandang bulu—meskipun si pengguna telepon bukanlah tersangka yang melakukan kesalahan apapun—adalah yang pertama kalinya terjadi semenjak pemerintahan Obama. Di bawah pemerintahan George W. Bush, pejabat keamanan dilarang terbuka kepada wartawan mengenai data pengumpulan telepon yang dilakukan NSA, namun di masa Presiden Obama dokumen-dokumen rahasia justru mengungkapkan praktek skala besar ini.

Dari dokumen yang bocor tersebut, belum jelas apakah NSA akan mengumpukan data panggilan dari penyedia layanan mobile lainnya. Belum dapat dipastikan juga apakah setelah 19 Juli 2013 nanti aktivitas mata-mata ini tidak akan dioperasikan kembali. Yang pasti saat ini warga Amerika hampir-hampir kehilangan privasi mereka dalam segala hal: telepon, telegram, SMS, dan lain-lain. 

 

BACA JUGA:

Sebut Katolik Terkutuk, Rektor Ohio Mundur

Shanty, Keluar dari Mulut Singa Masuk Mulut Buaya

Meski Berumur 105 Tahun, Pria Ini Tetap Kuat Menyetir

Jualan Angkringan Ibu Ini Langsung Laris Gara-gara OBAT MALAM


Sumber : GUARDIAN | YK

Ikuti Kami