Paus Fransiskus : Buang Makanan = Mencuri Makanan Orang Miskin
Sumber: catholicnewsagency.com

Internasional / 7 June 2013

Kalangan Sendiri

Paus Fransiskus : Buang Makanan = Mencuri Makanan Orang Miskin

Puji Astuti Official Writer
3000

Dalam misa mingguan pada Rabu (5/6) di Lapangan St Peter yang didedikasikan untuk memperingati Hari Lingkuan Hidup Sedunia, Paus Fransiskus mengkritik gaya hidup konsumerisme dan membuang makanan masyarakat saat ini.

"Budaya pemborosan membuat kita tidak sensitif bahkan terhadap kebiasaan membuang sisa makanan, yang lebih tercela laki adalah saat ini diseluruh dunia banyak orang dan keluarga yang menderita kelaparan dna kekurangan gizi," demikian ungkap Paus Fransiskus..

"Dulu kakek-nenek kita sangat berhati-hati agar tidak membuang makanan yang tersisa. Konsumerisme telah membuat kita menjadi terbiasa terhadap kebiasaan membuang makanan, yang akibatnya, saat ini kita tidak bisa lagi menghargai."

Menurut badan urusan pangan Perserikatan Bangsa-Bangsa (WFP), sekitar 1,3 miliar ton makanan dibuang percuma setiap tahunnya, jumlah tersebut sama dengan sepertiga dari jumlah bahan pangan yang diproduksi untuk konsumsi dunia.

Sejak menjabat sebagai paus pada bulan Maret lalu, Paus Fransiskus telah menyerukan kepada 1,2 miliar penganut Katolik untuk lebih banyak peduli kepada orang miskin dan mempraktekkan penghematan bagi diri sendiri. Paus juga telah membuat beberapa ajakan untuk melakukan reformasi keuangan secara global.

Yuk kita ikuti saran Paus Fransiskus untuk menghargai makanan yang merupakan berkat Tuhan bagi kita dan tidak membuang sisa makanan. Sebaliknya, ambillah makanan secukupnya, berhematlah dan bermurah hatilah dengan menolong mereka yang berkekurangan.

Baca juga artikel lainnya :

Pastor Minta Paus Francis Tingkatkan Jumlah Imam Pengusir Setan

Inovasi Vatikan Terbaru, Aplikasi Mobile MISSIO App

Sudah Siap Menjadi Seorang Ayah? Ini Tipsnya

Merry Riana : Jelilah Dalam Melihat Kesempatan

Sumber : Telegraph.co.uk | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami