Kartu KJS Sekarang Bisa Buat Beli Beras Loh
Sumber: Tribunnews,com

Nasional / 4 June 2013

Kalangan Sendiri

Kartu KJS Sekarang Bisa Buat Beli Beras Loh

Puji Astuti Official Writer
3276

Jika beberapa waktu lalu muncul kritikan dari DPRD DKI Jakarta tentang Kartu Jakarta Sehat yang digagas Gubernur DKI Jakarta, sebaliknya pemerintah pusat sepertinya malah memberikan dukungan dengan memaksimalkan fungsinya, yaitu kartu KJS tersebut akan bisa digunakan untuk membeli beras masyarakat miskin (Raskin).

Pemaksimalan penggunaan KJS ini disampaikan oleh Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar, Selasa (4/6) lalu. "Dana KJS dari APBN, kartu itu dipakai juga untuk raskin," demikian ujarnya.

Menurut Mahendra KJS bukanlah bagian dari Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), namun kartu tersebut dipergunakan untuk memperbaiki sistem raskin dan melakukan verifikasi BSM, sehingga multifungsing.

Berdasarkan data Kementrian Keuangan, sekitar 25 persen penduduk Jakarta merupakan keluarga berpenghasilan rendah. Dengan adanya KJS yang digagas oleh Jokowi, hal itu membantu pemerintah pusat dalam menyalurkan bantuan sosial terutama bagi masyarakat DKI Jakarta. Kedepannya, KJS akan terus dimaksimalkan oleh pemerintah pusat maupun DKI Jakarta dalam pembangunan terutama social development.

Melihat sisi lemah dan mengkritik hasil kerja orang lain memang mudah, namun alangkah baiknya jika tidak berhenti disana, namun dibantu untuk mengatasi sisi lemah tersebut sehingga menjadi semakin sempurna. Seperti Kartu Jakarta Sehat yang digagas Jokowi ini, tindakan pemerintah pusat untuk memanfaatkannya merupakan sebuah tindakan positif dan memperkuat keberadaan KJS karena manfaatnya semakin besar bagi masyarakat.

Baca juga artikel lainnya :

DPRD Usik Jokowi Soal KJS, Rakyatpun Bertindak

Jokowi Nyatakan KJS Sebagai Revolusi Pelayanan Kesehatan

Kisah Nyata Cindy dan Penyakit Adiknya

Membuktikan Janji Pernikahan, Mencintai Saat Sakit Maupun Sehat

Merry Riana : Jelilah Dalam Melihat Kesempatan

Sumber : Tribunnews.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami