Inilah 7 Klub Eropa Peraih Treble Winners
Sumber: bavarianfootballworks.com

Nasional / 3 June 2013

Kalangan Sendiri

Inilah 7 Klub Eropa Peraih Treble Winners

Budhi Marpaung Official Writer
6337

Bayern Munchen akhirnya berhasil melengkapi dua gelar yang didapatkan sebelumnya setelah pada Final Piala Jerman 2013 yang berlangsung di Berlin, Senin (3/6) dini hari WIB, mampu mengalahkan VFB Stuttgart dengan skor 3-2. Torehan manis ini pun memasukkan The Hollywood FC sebagai klub ke-7 di kawasan Eropa yang meraih treble winners.

Siapakah 6 klub lain yang pernah disamakan prestasinya oleh Bayern Munchen ini ? Berikut nama-namanya :

1. Glasglow Celtic (1966-1967)

Pada era pertengahan 60-an, Glasglow Celtic adalah klub yang menakutkan di Eropa. Bermaterikan pemain-pemain seperti Stevie Chalmers, Jimmy Johnstone, Bobby Lennox, dan Billy McNeill, tim asal Skotlandia mampu menjadi tim pertama di Eropa yang meraih treble. Scottish Football League, Scottish Cup, dan Liga Champions (masih bernama European Cup atau Piala Champions) adalah gelar yang Celtic raih pada saat itu.

2. Ajax Amsterdam (1971-1972)

Masuk pada era 70-an, Ajax adalah tim di Eropa yang begitu perkasa. Dipimpin oleh Johan Cruyff raksasa dari Belanda tersebut sukses meraih Eredivisie, KNVB Cup, European Cup pada musim 1971-1972.

3. PSV Eindhoven (1987-1988)

Berjalan ke dekade 80-an, PSV Eindhoven berhasil mengikuti klub senegaranya, Ajax meraih treble dalam satu musim. Tercatat dalam sejarah gelar-gelar Eredivisie, KNVB Cup, European Cup berhasil direngkuh oleh mereka pada 1987-1988. Ketika itu, yang menjadi pelatih PSV Eindhoven adalah Guss Hiddink.

4. Manchester United (1998-1999)

Sebelum menutup milineum ke-20, Manchester United di bawah asuhan Alex Ferguson menorehkan tinta manis yang terus dikenang oleh pecinta sepakbola di seluruh dunia. Bermodalkan sebagian besar diisi pemain-pemain binaan sendiri, MU meraup tiga piala pada musim 1998-1999. Liga Inggris, Piala Inggris, dan Piala Champions adalah tiga trofi yang mereka angkat dalam waktu berdekatan.

5. Barcelona (2008-2009)

Tidak ada yang menyangsikan, Barcelona musim 2008-2009 adalah klub dengan materi pemain yang komplit. Thiery Henry, Lionel Messi, dan Samuel Eto’o adalah trisula penyerang yang menakutkan oleh klub-klub yang dilawan La Braugana. Tidak mengagetkan jika di musim tersebut, banyak gelar yang diraih diantaranya adalah gelar La Liga, Piala Raja, dan Piala Champions.

6. Inter Milan (2009-2010)

Dilatih oleh Jose Mourinho, Inter Milan menjadi klub yang trengginas pada musim 2009-2010. Hasil positif demi hasil positif yang didapatkan baik di tingkat nasional maupun internasional menjadikan mereka sang jawara. Juara Liga Serie-A, Piala Italia, dan Liga Champions merupakan gelar yang berhasil didapatkan Milito cs dalam tahun tersebut.

Prestasi yang ditorehkan oleh 7 tim Eropa di atas pastinya bukan diperoleh tanpa kerja keras. Ada harga yang harus mereka (baik pemain maupun pelatih) bayar seperti lebih giat berlatih atau menonton pertandingan lawan demi mendapatkan strategi yang cocok dimainkan oleh tim.

Semoga hal ini bisa diteladani oleh klub-klub maupun timnas Indonesia karena prestasi tertinggi sangat mungkin tercapai jika para pemain maupun pelatih sama-sama bekerja keras.


Baca juga :

Jadi Juara, Bayern Munchen Hapus Kutukan Final Liga Champions  

Pemain Legendaris MU, Brian Greenhoof Meninggal

Barcelona Resmi Dapatkan Neymar  

Inter Milan Taklukkan Liga Selection 3-0 

Forum JC : Jadilah "Provokator" Komentar yang Positif dan Inspiratif ! (Lomba)  

Tips-Tips Mencegah dan Mengatasi Gejala Alzheimer

Kisah Nyata Wanita yang Dihantui Suara Kematian

Sumber : viva.co.id / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami