Relawan Ini Dedikasikan Diri Bersihkan Kotoran Manula

Relawan Ini Dedikasikan Diri Bersihkan Kotoran Manula

daniel.tanamal Official Writer
3339

Banyak ragam pelayanan yang dapat kita berikan kepada sesama. Namun salah satu bentuk pelayanan yang kemungkinan begitu sulit dihadapi adalah ketika membantu kehidupan para manusia lanjut usia (manula). Hal ini justru menjadi tantangan tersandiri bagi seorang relawan kemanusiaan bernama Yong Tock Meng di Singapura.

Yong mengabdikan diri untuk secara rutin membantu para manula di Singapura yang terlalu lemah bahkan untuk membersihkan diri dari kotorannya sendiri. Tiap harinya, Yong harus membantu 35.000 manula yang berada dalam kondisi lemah dan sakit-sakitan di rumah susun. Para manula ini sendiri adalah mereka yang hidup sendiri dalam kemelaratan dan kurangnya perhatian dari masyarakat sekitar.

Yong yang juga Direktur organisasi non-profit Habitat for Humanity Singapore ini menceritakan bahwa manula bukan sosok yang mudah dihadapi. "Mereka terkadang keras kepala, perlu berjam-jam untuk meyakinkan, tidak sedikit kata-kata kasar yang saya dapatkan" ceritanya

Ditanya apakah dia merasa kurang dihargai dengan penolakan yang ada, Yong menjawab dengan mudah. "Bukankah itu bagian dari sifat manusia yang perlu kita pahami, terutama kaum manula, kita tidak dapat membiarkan manula ini hidup dalam kotoran dan kesendirian, tugas kita lah untuk membantu."

Dedikasi Yong yang begitu tinggi membuat putrinya bersama para teman-temanya kini mulai membantu dengan aktivitas itu, dimulai dengan mengantarkan makanan untuk para manula tersebut. Mereka membantu pula para manula memeriksakan kesehatan ke dokter. 

Yong berharap masyarakat Singapura dapat lebih terdorong menjadi relawan. Dia menegaskan masyarakat perlu melihat langsung kondisi manula di lapangan dan lebih mensyukuri apa yang sudah diberikan Tuhan.

 

Baca Juga Artikel Lain

Ribuan Siswa Tak Lulus UN di Sumater Utara

Ruhut Nilai Jokowi Hancur dan Tak Pantas Jadi Presiden

Gereja Dibakar, Pendeta Ampuni dan Layani Pelaku

Grup Metal Slayer Minta Publik Abaikan Gereja Baptis Westboro

Umat Kristen Dihimbau Tinggalkan Eksklusivitas

 

 


 


Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami