Yenny Kartika

Official Writer
25713


Perkembangan kanker payudara sangat cepat; dari stadium 1 hingga tak tertolong hanya memerlukan waktu kurang dari lima tahun. Namun, dengan semakin tingginya kesadaran para perempuan melakukan pemeriksaan rutin terhadap payudaranya, tingkat kematian akibat kanker ganas ini semakin bisa dikurangi. Apalagi dengan kemajuan teknologi kedokteran yang kian canggih. Masih banyak kemungkinan bagi Anda untuk lolos dari penyakit maut ini.

Berikut ini rincian seputar stadium dan aneka ragam istilah perawatan medis yang harus dilalui oleh penderita kanker payudara.

 

A. STADIUM KANKER PAYUDARA

Stadium 1

Pada stadium ini, benjolan kanker berukuran tak lebih dari 2 cm dan tidak dapat terdeteksi dari luar. Perawatan yang sangat sistematis diperlukan dalam stadium ini agar sel kanker tidak menyebar dan tidak berlanjut pada stadium selanjutnya. Kemungkinan pasien dapat sembuh total pada stadium ini adalah sebesar 70%.

 

Stadium 2

Pada stadium ini besarnya benjolan bisa mencapai 2 sampai 5 cm dan tingkat penyebarannya sudah meluas hingga daerah ketiak. Atau bisa juga ukuran benjolan sudah mencapai 5 cm tapi belum menyebar ke mana-mana. Pada stadium ini, kemungkinan penderita bisa sembuh adalah 30 – 40%. Untuk mengangkat sel-sel kanker yang ada pada seluruh bagian penyebaran, biasanya dilakukan operasi, dan setelah operasi dilakukan penyinaran untuk memastikan tidak ada lagi sel-sel kanker yang tersisa.

 

Stadium 3A

Menurut data Departemen Kesehatan, 87% kanker payudara terdeteksi pada stadium ini. Benjolan sudah berukuran lebih dari 5 cm dan sudah menyebar hingga ke kelenjar limfa.

 

Stadium 3B

Pada stadium ini penyebaran sel kanker meliputi seluruh bagian payudara, bahkan mencapai kulit, dinding dada, tulang rusuk, dan otot dada, serta telah menyerang kelenjar limfa secara tuntas. Jika sudah demikian, tidak ada alternatif lain selain pengangkatan payudara.

 

Stadium 4

Pada stadium ini, sel-sel kanker sudah merambat ke bagian tubuh lainnya seperti tulang, paru-paru, hati, atau otak. Bisa juga menyerang kulit dan kelenjar limfa yang ada di dalam batang leher. Sama seperti stadium 3, tindakan yang harus dilakukan adalah pengangkatan payudara.

 

B. TINDAKAN MEDIS

Dalam usaha menghentikan laju pertumbuhan kanker, dokter akan melakukan beberapa tindakan. Berikut ini istilah-istilah medis untuk tindakan tersebut:

 

Lumpectomy

Artinya "pengangkatan benjolan". Biasanya pengangkatan ini menyisakan sangat sedikit jaringan yang sehat. Dengan lumpectomy, jaringan yang tersisa dan masih sehat diharapkan dapat membentuk kembali payudara secara alami.

 

Mastectomy Radical

Ini adalah tindakan pengangkatan payudara sebagian atau seluruhnya termasuk otot dada di bawah payudara, dengan tujuan untuk mencegah penyebaran kanker yang lebih luas. Sekarang metode ini sudah jarang digunakan karena semakin berkembangnya teknologi kedokteran.

 

Chemotherapy (Kemoterapi)

Ini merupakan terapi pemberian obat-obatan tertentu yang sangat kuat efeknya (anti-kanker). Terapi ini bisa diberikan lewat mulut atau berupa suntikan pada pembuluh darah. Obat-obatan harus diberikan secara berulang-ulang dengan siklus yang berlangsung antara 3 sampai 6 bulan.

 

Terapi hormon

Yaitu metode pemberian hormon yang berfungsi sebagai penghambat laju perkembangan sel kanker.

 

Terapi radiasi

Pengobatan ini biasanya diberikan bersamaan dengan lumpectomy atau mastectomy. Terapi ini berfungsi menghancurkan sel-sel kanker agar tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya.

 

Jika Anda mendapat vonis kanker payudara, ingatlah bahwa itu bukan akhir dari segalanya. Dokter bisa mengatakan apapun, namun Tuhan-lah yang menjadi penentu segalanya, termasuk usia Anda!



BACA JUGA:

Cegah Kanker Payudara dengan Rajin Berolahraga

Kisah Nyata Yanti Radjagukguk dan Perjuangannya Melawan Kanker

Tuhan Sembuhkanku dari Kanker Payudara

Kisah Nyata Christie : Perjalanan Ditinggal Suami, Kena Stroke, dan Jadi Penulis

Tuhan Menolong Mamaku Sembuh dari Komplikasi Diabetes dan Stroke!

Sumber : DECHACARE | YK


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra April Week 2


7270

Banner Mitra April Week 2